Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Daun Kelor ini berasal dari suku Morringaceae Amerika latin. Tumbuhan yang mempunyai bentuk bulat seperti telur ini memiliki jumlah yang cukup banyak dengan ukuran yang kecil dari setiap tangkainya. Di wilayah perdesaan sendiri, daun kelor ini sering di jadikan bahan makanan untuk di sayur dan sebagai obat herbal atau tradisional.

Di Indonesia sendiri daun kelor ini sering di konsumsi kebanyakan oleh kaum ibu-ibu yang di percaya untuk menperlancar produksi ASI. Tidak banyak orang yang tahu memang, tapi jika sudah melihat tumbuhannya pasti anda mengenalnya. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Moringa olifera merupakan salah satu tanaman Herbal yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.
manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kesehatan tubuh

Daun kelor mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kulit. Di antara kandungan zat yang terdapat pada daun kelor adalah pterigospermin, minyak atsiri, alkaloid, morigin, moriginin, minyak lem, klorofil, vitamin C, dan masih banyak lagi. Begitu banyak zat yang dikandung daun kelor membuat daun ini banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal. Namun manfaat daun kelor tidak berhenti sampai di situ saja. Daun kelor juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan, terutama pada wajah yang berjerawat.

Berikut ada beberapa manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kesehatan tubuh:


1.Masker daun kelor untuk menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

Jika wajah Anda berjerawat, baik yang parah maupun tidak, sangat dianjurkan untuk membuat masker dari daun kelor. Masker daun kelor terbukti ampuh menyembuhkan jerawat dan meregenerasi sel kulit. Kandungan vitamin C pada daun kelor juga bisa membantu mencerahkan wajah secara alami. Dengan menggunakan masker jerawat anda mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu jerawat hilang dan flek hitam memudar.

 Cara membuat masker dari daun kelor adalah sebagai berikut:
•    Cuci bersih beberapa lembar daun kelor yang sekiranya cukup untuk sekali pakai
•    Tumbuk daun kelor yang sudah dicuci bersih hingga lembut
•    Anda bisa mencampur daun kelor dengan bedak bayi.
•    Aplikasikan masker daun kelor pada titik yang berjerawat saja, tunggu hingga 15-20 menit
•    Cuci bersih wajah menggunakan air dingin
•    Ulangi perawatan ini hingga wajah bersih dari jerawat.

2.Sebagai Antioksidan


Kandungan vitamin C nya yang tinggi selain sebagai penghilang noda hitam (flek) dan jerawat pada wajah, juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Yang mana, antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan. Dalam kasus kecantikan sendiri, antioksidan akan mampu menjaga kulit supaya tetap segar, bersih, dan berkilau secara alami. Hal ini dikarenakan vitamin C juga ikut membantu dalam pembuangan racun yang dikeluarkan dari jaringan tubuh. Caranya bisa di konsumsi ataupun dijadikan masker seperti di atas.

3. Bermanfaat untuk Membersihkan Darah Kotor

Darah kotor merupakan salah satu akar penyebab tumbuhnya jerawat dan berbagai penyakit kulit lainnya yang dapat merusak kulit wajah. Selain jerawat, darah kotor juga akan menimbulkan noda hitam atau flek hitam lainnya, bintik-bintik merah, sehingga penampilan kulit terlihat kurang menarik dan kotor. Bagi anda yang mengingnkan kulit bersih dengan cara memberihkan darah dari dalam kulit wajah, cobalah untuk mengkonsumsi daun kelor yang telah di olah ini dengan rutin dan teratur.
Untuk cara membuatnya sendiri cukup mudah sekali. Pertama, siapkan beberapa helai daun kelor secukupnya, kemudian haluskan menggunakan mesin blender, setelah itu campurkan dengan susu sebagai citra rasa, dan siap untuk di minum. Dengan mengkonsumsi ramuan herbal ini mampu mendetoksifikasi dalam tubuh menjadi sehat.

4. Menghilangkan Keriput


Bukan hanya bermanfaat dalam menghilangkan fle pada wajah, ternyata masker yang di buat dari daun kelor ini juga sangat bermanfaat dalam menghilangkan keriput pada bagian wajah tertentu. Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari daun kelor, paling tidak gunakan 3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal. Caranya sama seperti poin no 1.

5. Air daun kelor sebagai pencuci wajah alami bagi kulit berjerawat

Daun kelor memiliki manfaat yang besar dalam merawat kulit yang berjerawat. Air rebusan daun kelor bisa mencegah munculnya jerawat pada kulit. Caranya, cuci bersih beberapa lembar daun kelor lalu tambahkan air secukupnya. Rebus daun kelor hingga mendidih, kemudian saring kotorannya hingga menyisakan air yang bersih. Tunggu air hingga sedikit dingin (namun disarankan hangat) lalu gunakan untuk membasuh wajah. Biarkan air daun kelor mengering dengan sendirinya. Jangan lupa mencuci wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Pastikan air rebusan ini habis dalam sekali pakai.

6. Daun Kelor untuk Kesehatan Rambut

  • Bermanfaat sebagai Nutrisi yang berfungsi Alami untuk Melancarkan Pertumbuhan Rambut
  • Bermanfaat sebagai Zinc untuk yang berfungsi Mengatasi Ketombe dan Kerontokan
  • Bermanfaat sebagai Antioksidan yang berfungsi untuk Membunuh Kutu Rambut
  • Bermanfaat sebagai Vitamin B yang berfungsi untuk Menguatkan Akar Rambut

Kadungan yang terdapat pada daun kelor mengandung Mineral yang cukup banyak, Vitamin, serta Asam amino dalam bentuk Protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, daun kelor merupakan bahan alami yang berfungsi sebagai Vitamin A, C, Kalium, dan Kalsium. Kandungan Nutrisi yang terkandung dari daun kalori memiliki nilai yang cukup tinggi yang dapat di serap dengan mudah oleh tubuh atau kulit jika di bandingkan dengan produk suplemen sintetis.

Asupan Nutrisi dan Oksigen dari system peredaran darah ke akar rambut atau folikel rambut sangat penting dalam pertumbuhan rambut sehat. Kandungan Vitamin A yang terdapat pada daun kelor juga bermanfaat untuk mengembangkan jaringan tubuh, sel sehat, dan mampu mengurangi kerontokan rambut. Namun jika pertumbuha rambut kekurangan Vitamin A akan menimbulkan efek pada kulit menjadi tebal, sehingga rambut akan kering dan mudah ketombean. Vitamin A yang cukup tinggi yang terkandung pada daun kelor berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan rambut juga menjaga kesehatan rambut dengan baik.

Cara membuatnya
Untuk memanfaatkan daun kelor ini, anda bisa membuatnya sebagai masker atau lalaban dan bisa juga di konsumsi dengan di olah menjadi minuman herbal. Untuk caranya sendiri cukup mudah sekali.

  • Siapkanlah terlebih dahulu 10-15 daun kelor, kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas, biarkan sampai mendidih menjadi 1 gelas.
  • Setelah dingin, minumlah sampai habis dan lakukanlah secar rutin 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Namun, jika anda ingin membuatnya sebagai masker. Langkah pertama, haluskan terlebih dahulu dengan blender, kemudian beri sedkit air mawar.
  • Setelah itu, aplikasikan pada rambut secara rata selama 30 menit. Telakhir, bilas dengan cara berkeramas menggunakan sampo.

7. Manfaat Daun kelor Untuk Mata Minus

Khasiat daun kelor untuk mata minus | Jadi mata minus adalah istilah orang awam yang digunakan untuk menunjukkan apakah orang tersebut menderita myopia ataupun hipermyopia (rabun dekat ataupun rabun jauh).

Rabun dekat dan jauh sendiri itu memang pada dasarnya tidak berhubungan dengan defisiensi vitamin A. Akan tetapi beberapa penyakit pada mata seperti melemahnya otot mata dan pembuluh darah pada mata, seperti AMD dan juga karena adanya peningkatan gula darah pada mata dapat menjadi sebab bertambah parahnya rabun dekat atau jauh anda.

Riset menunjukkan bahwa pemberian atau asupan vitamin A yang cukup serta dengan adanya kandungan senyawa aktif dari daun kelor, akan memberikan proteksi kepada mata anda. Lensa yang anda miliki serta bola mata anda akan terjaga dari perubahan bentuk.


8.  Manfaat daun kelor untuk katarak

Manfaat daun kelor buat menghindari katarak | Katarak adalah timbulnya bercak pada lensa mata akibat adanya penumpukan protein atau zat lain pada lensa mata.

Hal tersebut dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti tekanan darah tinggi, diabetes, perilaku tidak sehat seperti merokok,obesitas, minum minuman keras dan mengonsumsi obat obatan berbahaya. Faktor yang paling menjadi sebab adalah penuaan.

Jadi apabila anda ingin terhindar dari katarak, perbanyak konsumsi daun kelor. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa potensi untuk terkena katarak bertambah kecil apabila konsumsi vitamin C, A dan E itu teratur. Jadi apabila anda ingin terhindar dari katarak di masa tua anda, perbanyak konsumsi obat obatan herbal atau ramuan herbal yang mengandung vitamin A, C, dan E tapi jangan berlebihan yah.

Jadi bagi kalian yang ingin mata sehat terjaga dan terhindar dari rabun dekat dan rabun jauh serta katarak dan penyakit mata lainnya, mulai sekarang perbanyak makan sayuran sayuran yang mengandung vitamin A, C, dan E yang banyak.

Daun kelor dapat menangani tekanan darah tinggi anda serta diabetes yang anda derita.  Selain itu, katarak juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi vitamin A dan mineral serta zat nutrisi lain.
Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat...

1 Response to "Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh"

  1. terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://idblackwalet.com/sabun-jerawat-batu/

    ReplyDelete