Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Mudah

Bibir yang merah alami menjadi dambaan setiap orang khususnya para wanita. Wanita yang memiliki  bibir merah terlihat lebih menarik di bandingkan dengan wanita yang memilki bibir gelap. Oleh karena itu lipstik menjadi alternatif agar bibir terlihat merah dan menarik.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat bibir menjadi merah merekah dengan hasil yang cepat, salah satunya dengan menjalani perawatan kecantikan dengan mengeluarkan biaya yang mahal tentunya. Tidak hanya memutihkan wajah saja yang membutuhkan perawatan ekstra, sebagian orang bahkan menyulam bibir mereka hanya untuk mencerahkan dan memerahkan bibir saja. Padahal hal tersebut sangatlah sakit dan beresiko bagi kesehatan.

cara memerahkan bibir secara alami dan mudah

Tahukah kamu bahwa ada cara yang alami dan mudah untuk memerahkan bibir? Selain alami bahan ini juga tidak menimbulkan efek samping, jadi sangat aman buat bibir.

Berikut ini beberapa cara memerahkan bibir secara alami dan mudah :

 

1. Madu

Madu yang bermanfaat melembapkan bibir anda, juga mampu membuat warna bibir yang hitam menjadi merah alami.
Caranya cukup mudah oleskan madu pada seluruh permukaan bibir secara merata. Biarkan sampai  mengering, lalu bilas dengan air hangat.

2. Pasta gigi

Ternyata pasta gigi juga cukup mujarab untuk memerahkan bibir. Pasta gigi diperkaya dengan kandungan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral alami lainnya yang cukup baik untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit baru.
  • Caranya:Setiap selesai mandi oleskan pasta gigi (non-gel) keseluruh bagian bibir.
  • Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit, kemudian bilas air hangat.
  • Agar hasilnya optimal kamu juga bisa memakainya sebelum tidur lalu membilasnya ketika pagi hari tiba.

3. Buah bit

Mungkin beberapa dari kamu  masih asing mendengar nama buah bit. Kandungan buah ini sangat baik untuk orang-orang yang menderita penyakit pencernaan seperti maag ataupun tifus. Warna daging buah ini seperti buah naga merah. Caranya:
  • Siapkan 1 buah bit yang telah dicuci bersih.
  • Haluskan dan kemudian oleskan pada bibir hingga merata.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Ulang setiap hari terutama sebelum tidur.

4. Menggosok bibir dengan madu dan gula

Membuang sel kulit mati yang ada di permukaan bibir dapat dilakukan untuk mendapatkan bibir merah merona. Dengan tidak adanya sel kulit mati tersebut, maka epidermis akan lebih terangsang dalam membentuk kolagen baru. Tumbuhnya kolagen baru inilah yang cukup bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan dini.

Caranya:
  • Campurkan gula pasir dan madu secukupnya saja.
  • Setelah selesai mandi gosokan secara perlahan ke bagian permukaan bibir.
  • Lakukan penggosokan selama kurang lebih 10-15 detik.
  • Setelah selesai menggosok diamkan sampai kering.
  • Gunakan lip balm pada bibir agar hasilnya semakin optimal.


5. Air mawar

Jaman dulu air mawar banyak dimanfaatkan oleh para putri kerajaan untuk mandi di malam hari. Setelah diteliti di Harvard University, air mawar memiliki kandungan antioksidan alami yang bisa melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan tentunya mempercepat proses regenerasi sel kulit.
Caranya:
  • Rendamlah 2-3 bunga mawar yang baru dipetik selama semalaman.
  • Ketika pagi harinya oleskan air mawar tadi keseluruh permukaan bibir.
  • Diamkan sampai meresap sempurna.
  • Untuk hasil terbaik lakukan setiap sebelum tidur dan setelah mandi.

6. Hindari menjilat bibir

Pernahkah kamu menjilat area bibir dengan tujuan supaya terlihat lembap dan merah? Mulai sekarang cobalah untuk menghentikannya. Memang, menjilat bibir dapat membuatnya terlihat segar seketika.

Akan tetapi, sebetulnya setelah beberapa menit kemudian biasanya bibir menjadi kering dan terlihat kusam. Apabila kondisi semacam ini berlangsung terus menerus, maka akan mengakibatkan bibir menghitam.

7. Buah lemon

Selain dipercaya dan terbukti ampuh mencerahkan wajah, buah lemon juga dapat digunakan untuk memerahkan bibir yang hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan memberikan kulit bibir yang tampak lebih cerah dan menghilangkan warna gelap pada bibir.
Selain itu, buah lemon dapat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit bibir yang telah mati dan meregenerasinya dengan sel-sel yang baru.

Caranya:
  • Ambil 1 buah lemon dan peras sarinya.
  • Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalamnya.
  • Oleskan campuran sari lemon dan madu pada bibir sesaat sebelum tidur dan biarkan hingga keesokan harinya.
Perlu diingat bahwa lemon memiliki sifat asam dan iritatif. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak memilih cara ini jika terdapat luka pada bibirmu, karena akan terasa sangat perih dan menimbulkan pearadangan pada bibir.

8. Buah delima

Buah delima adalah bahan alami yang dapat menghilangkan warna gelap pada bibir dengan baik. Selain itu, buah delima juga dapat menutrisi dan melembabkan bibir karena kandungan vitamin yang dimilikinya.
Caranya:
  • Ambil 1 buah delima dan cuci bersih.
  • Hancurkan buah delima beserta bijinya hingga halus.
  • Tambahkan 1 sendok makan air mawar atau susu murni.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir dan gosok-gosokkan secara lembut dan merata selama 3-5 menit.
  • Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan langkah ini 1x sehari secara rutin.
Selain mencampurnya dengan air mawar atau susu, anda dapat juga mencampurnya dengan buah bit untuk mendapatkan warna merah yang lebih gelap.

9. Es Batu

Mungkin kamu akan bingung bagaimana es batu dapat memerahkan bibir kamu. Es batu memang tidak memiliki warna yang dapat memerahkan bibir kamu, tetapi efek dari dinginnya es dapat memicu pembuluh darah berkonstriksi atau menyempit sehingga memberikan tekanan yang lebih besar.

Tekanan ini akan membuat pembuluh darah mengalir dan memberi nutrisi pada bibir dengan lebih baik sehingga bibir menjadi lebih merah.
Caranya:
  • Ambil 1 buah es batu.
  • Gosok-gosokkan merata pada bibir secara lembut selama 3-5 menit sambil sesekali lakukan pemijatan pada bibir.
  • Lakukan langkah ini secara rutin untuk hingga anda mendapatkan efek yang diinginkan.
Namun, dalam melakukan langkah ini, anda perlu memperhatikan sensitifitas bibir kamu. Jika bibir kamu terasa kebas, kamu dapat mengurangi durasi waktu pemakaian es batu pada bibir kamu.

10. Strawberry, Cherry, Tomat

Strawberry, cherry, ataupun tomat dapat memerahkan bibir karena beberapa kandungan positif yang ada di dalamnya. Buah-buahan ini cenderung memberikan warna pink kemerahan alami.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu meremajakan kulit bibir kamu sehingga tampak lebih cerah. Cukup hancurkan buahnya hingga alus kemudian oleskan pada bibir secara merata, tunggu 15-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

11. Mentega

Mentega diperkaya dengan kandungan minyak yang dapat melembapkan bibir. Beberapa penelitian di Inggris membuktikan, pengolesan mentega secara rutin sebelum tidur dapat membantu memerahkan bibir 70 % lebih cepat. Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 44 mahasiswi.

Untuk mendapatkan bibir merah dengan mentega cukup mudah kok. Pastikan bibir kamu bersih dulu. Kemudian oleskan mentega secara merata. Pijat sebentar selama kurang lebih 15 detik lalu diamkan selama semalaman. Lakukan terus selama sebulan dan lihat hasilnya.

12. Kunyit

Kunyit banyak dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungancurcuminoid-nya yang tinggi dipercaya mampu meningkatkan jumlah kolagen di permukaan bibir. Namun supaya hasilnya maksimal, saya sarankan kamu juga menambahkan madu alami.
Caranya:
•    Campurkan bubuk kunyit dan madu secukupnya hingga membentuk adonan mirip pasta
•    Oleskan adonan tadi secara merata keseluruh bagian bibir
•    Kamu bisa melakukannya setelah mandi.

13. Coconut oil

Coconut oil memiliki kandungan asam lemak esensial, zat ini menjaga bibir kamu agar tetap sehat dan terjaga kelembabannya.
Untuk mengembalikan warna merah pada bibir,gunakan Coconut oil sebagai lip balm pada siang hari. Dan oleskan tipis sebelum tidur pada malam hari.

Itulah beberapa Cara memerahkan bibir secara alami dan mudah. Pilihlah salah satu yang cocok dengan jenis bibirmu, hasilnya akan di dapat jika kamu rajin dan teratur melakukannya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba...


0 Response to "Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Mudah"

Post a Comment