Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan wajah

Daun sirih memiliki jenis yang beragam tetapi memiliki kandungan kimia yang sama, antara lain sirih hijau, sirih kuning, sirih merah, dan sirih hitam. Semua jenis sirih memiliki kemampuan ajaib dalam merawat kecantikan kulit wajah selain ampuh mengobati beberapa penyakit, misalnya mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap, melancarkan menstruasi, dan sebagai pembersih daerah kewanitaan.

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih, antara lain:

•    Flavonoid
•    Senyawa aktif tanin
•    Minyak astsiri
•    Senyawa kuat Saponin
•    Zat Fenil propoda
•    Zat terpenana
•    Zat hidroksikaficol
•    Senyawa karvokrol
•    Senyawa Allylprokatekol
•    Zat P-Cymene
•    Zat Cineole dan Coryofelen

manfaat daun sirih untuk kecantikan wajah
Semua senyawa yang ada di dalamnya bertindak sebagai antioksidan, antikanker, antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi yang alami tetapi ampuh dalam mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan kulit wajah termasuk memblokir aktivitas sel kanker yang menyerang kulit.

Berikut adalah manfaat daun sirih untuk kecantikan


1. Menyembuhkan jerawat yang meradang dan jerawat batu

Senyawa antiinflamasi dalam daun sirih membantu meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan atau jerawat batu yang terasa nyeri jika disentuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daun sirih lalu balurkan perlahan pada wajah yang sedang meradang. Lakukan cara ini setiap hari pagi dan sore hari agar mempercepat penyembuhan.

2. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat

Semua senyawa yang ada pada daun sirih memiliki kemampuan untuk memudarkan warna kulit yang tidak rata akibat paparan sinar ultraviolet, akibat jerawat, atau karena pemakaian kosmetik. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil daun sirih yang sebelumnya dihaluskan dan ditambahkan air jeruk nipis lalu diperas airnya. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selam 20 menit. Lakukan sesering mungkin sampai flek hitam menghilang secara alami.

3. Mengecilkan pori-pori wajah

Senyawa antiseptiknya dapat mengecilkan pori-pori kulit yang melebar akibat pemakaian make up setiap hari. Caranya dengan mengoleskan daun sirih yang telah dihaluskan sebelum berangkat tidur malam dan diamkan  selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, beristirahat dengan wajah yang terbebas dari pemakaian krim malam apapun.

4. Mencegah munculnya komedo

Daun sirih yang telah dihaluskan lalu dibalurkan pada wajah yang ditumbuhi komedo maka komedo tersebut akan mampu mengeluarkan isinya secara alami tanpa pemencetan dengan menggunakan tangan. Komedo yang telah keluar dapat segera anda basuh dengan rebusan air daun sirih yang telah dingin agar wajah benar-benar terbebas dari pertumbuhan komedo kembali.

5. Mengatasi masalah keputihan

Caranya, rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

6. Menghilangkan bau mulut

Rebus 10-15  daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur.

7.Menghilangkan keringat berlebih

Manfaat daun sirih yang lain adalah mampu mengendalikan senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Caranya, oleskan hasil tumbukan dari 2 lembar daun sirih pada area ketiak secara teratur. Anda juga bisa meminum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas setiap hari.

8.Mencegah penuaan dini

 Caranya, rebus 6 lembar daun sirih merah, 100 gram kacang hijau, 10 biji kurma, dan 40 gram gingseng talinum dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Tambahkan 2 sendok makan madu dan jeruk, aduk rata. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

9 Membersihkan kulit wajah

Daun sirih yang digunakan adalah daun sirih merah ,dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah anda dari kotoran dan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan tampak lebih bersih dan sehat.
Caranya yaitu, siapkan beberapa daun sirih merah yang tua tetapi memiliki daun yang bagus dan segar. Setelah itu daun sirih di sobek-sobek terlebih dahulu lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, lalu diamkan air hingga dingin dan kemudian gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci muka.

10. Mengeringkan luka pada wajah

Bagi seseorang yang mempunyai luka akibat memencet jerawat yang sembarangan, akibat tergores, terhantam, dan sebagainya dapat dihilangkan dengan menggunakan daun sirih. Cara ini dapat dilakukan dengan membalurkan daun sirih  yang telah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar senyawa antiinflamasi dan antibiotik yang kuat mampu meresap dan mempercepat proses pengeringan luka.

11. Membunuh bakteri penyebab bisul di wajah

Perasan air daun sirih yang telah dihaluskan dan ditambah dengan sedikit air kunyit yang kental dapat dioleskan perlahan dan diamkan selama 20 menit dapat membunuh bakteri penyebab bisul di wajah. Hal ini disebabkan kunyit dan daun sirih memiliki senyawa antiinflamasi yang jika digabungkan dapat membunuh bakteri sehingga tidak menyebar ke tempat yang lain dan meninbulkan jerawat.

12. Mencegah dan mengatasi panu di wajah

Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan jamur akibat terpapar radikal bebas dan malas membersihkan kulit sebelum tidur malam. Panu dapat dihilangkan dengan penggunaan daun sirih yang telah dihaluskan yang sebelumnya telah ditambahkan sedikit air langkuas. Lalu oleskan pada wajah yang berpanu dan diamkan selama 20 menit. Lalukan cara ini sehari dua kali sampai panu menghilang.

13. Mengencangkan kulit wajah

Basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang hangat kuku setelah pulang dari aktivitas sehari-hari agar kulit senantiasa kencang dan terhindar dari kelelahan.
Selamat mencoba.......

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan wajah"

Post a Comment