Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Tubuh

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk! Berdasarkan pada penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Semakin matang buah tomat, kandungan vitamin nya pun semakin banyak. tomat tidak hanya kaya akan vitamin A dan vitamin C saja. Ternyata buah tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya.

Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh ternyata tomat ini juga dikenal sangat baik untuk kecantikan kulit  wajah. ini menjadi cara aman buat kita untuk merawat kulit agar selalu cantik dan tanpa efek samping.  Berikut manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah :

manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh

1.    Mengurangi lingkaran hitam bawah mata /mata panda

         Hiris tomat tipis-tipis dan celupka kedalam Yogurt asli kemudiam letakkan pada mata.
Cara ini membantu mengurangi warna gelap pada bawah mata/mata panda,  dan membuat kulit menjadi segar dan terlihat lebih cerah. Lakukan secara rutin setiap 2x/ minggu.

2.    Mengecilkan dan menghilangkan jerawat

Haluskan tomat dengan menggunakan sendok ato apa saja yang penting hancur, kemudian balurkan keseluruh wajah, tunggu hingga kering , kemudian bilas dengan air hangat.
Tomat dapat menyegarkan kulit dan menyerap kelebihan minyak pada wajah.jerawat akan mengecil dan kemudian perlahan-lahan menghilang tanpa meninggalkan bekas.

3.    Memudarkan flek hitam pada wajah

Potong tomat menjadi dua bagian,  gosok secara perlahan pada bagian yang mempunyai pigmentasi. Lakukan setiap hari secara teratur. Pigmentasi akan semakin memudar dan kulit semakin cerah.


 4.   Membentuk otot Anda

Pria bertubuh kurus akan sulit mendapat perhatian kaum hawa, itulah mengapa banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk membentuk tubuh menjadi ideal posturnya. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?

Jika iya, maka Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang wajib dilakukan, yaitu istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda harus tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.

Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya adalah buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga. Jadi, sebelum dan sesudah latihan, tidak ada salahnya Anda makan sepotong buah tomat guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur atletis.

5.  Menyegarkan mata

Sepulang ngantor pasti mata lelah dan ingin sekali dibuat tidur. Ada baiknya sebelum bergegas mengistirahatkan mata, lakukanlah pemijatan ringan pada seluruh permukaan wajah Anda dan tempelkan dua iris tomat ke kedua bola mata Anda (menutupi kedua mata).
Tomat akan merileksasikan mata Anda yang lelah karena telah seharian digunakan untuk bekerja.

6. Memutihkan kulit tubuh

Cara membuat krim tomat untuk memutihkan kulit:
1.    Bersihkan kulit dengan membasuhnya dengan air.
2.    Campurkan 1 sendok teh oatmeal, yoghurt, dan 2 sendok teh tomat yang sudah ditumbuk halus.
3.    Oleskan bahan campuran pada wajah, leher, dan bagian kulit tubuh lain yang diinginkan.
4.    Diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.

Perawatan dengan campuran ketiga bahan tersebut akan membantu menghilangkan noda yang menutupi kulit, mengelupas sel kulit mati, dan menenangkan kulit tegang.


7. Menghaluskan kulit

Konsumsi buah tomat secara rutin dapat menghaluskan kulit. Selain mengkonsumsinya, kehalusan kulit dapat diperoleh dengan membuat masker dari buah tomat dan putih telur. Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air secukupnya sehingga membentuk pasta.Oleskan masker pada seluruh bagian wajah, biarkan mengering. Bilas wajah dengan air dingin.

8. Membuat awet muda

Konsumsilah buah tomat secara rutin, baik buah tomat yang masih segar atau pun yang sudah diolah menjadi jus. Dengan kandungan lycopenenya, manfaat tomat bagi kecantikan kulit dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga dapat membuat kita awet muda.

9. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Wajah yang berminyak dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Dengan menggunakan masker tomat secara rutin akan mengontrol produksi minyak pada wajah.

10.Meredakan iritasi kulit

Sari tomat juga berfungsi untuk mengurangi gejala iritasi seperti gatal, kemerahan, dan bengkak. Sari tomat yang bersifat cukup asam dapat mengatur tingkat pH pada kulit dan menyembuhkan kulit yang iritasi. Anda dapat menambahkan yogurt tanpa pemanis dalam sari tomat. Oleskan pada wajah dan bilas 15-20 menit kemudian.

11.Menghilangkan komedo

Tak hanya jerawat, tomat juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Anda bisa menggunakan sari tomat dengan memijatkannya di area yang memiliki komedo. Atau, buatlah masker wajah dari campuran sari tomat dan apokat matang untuk menghilangkan komedo.

12.Merawat kulit yang terbakar sinar matahari

Sari tomat yang kaya akan antioksidan sangat efektif untuk menyembuhkan gejala kulit yang terbakar sinar matahari. Sari tomat membantu memperbaiki sel kulit yang terbakar dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, campurkan sari tomat dengan susu mentega (buttermilk) atau plain yogurt. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah dan area lain yang terbakar sinar matahari. Biarkan sekitar setengah jam sebelum membasuhnya dengan air.

13.Menjaga elastisitas kulit

Kurangnya kolagen atau rendahnya produksi protein fibrous ini menjadi alasan utama di balik perkembangan keriput. Para peneliti menemukan bahwa tomat dapat menstimulasi pembentukan kolagen yang berfungsi mempertahankan elastisitas kulit. Rajin-rajinlah menyertakan tomat segar dalam diet Anda agar kulit senantiasa halus, lembut, dan bebas keriput
Inilah beberapa manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh, semoga bermanfaat.

Selamat mencoba....

0 Response to "Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Tubuh"

Post a Comment