4 Jenis Sayuran yang Sangat Baik untuk Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kulit yang kencang dan awet muda merupakan impian setiap orang. Kulit yang halus sehalus kulit bayi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Apalagi zaman sekarang, zaman dimana setiap kegiatan atau keseharian diabadikan di media sosial. Tidak hanya itu, bagi kamu yang suka berselfi ria kamu tentu menginginkan wajah atau kulit kamu cantik tanpa harus mengeditnya terlebih dahulu.

Penyebab utama kulit mengalami penuaan dini salah satunya adalah kurangnya istirahat. Kurang istirahat dapat merusak organ-organ dalam tubuh karena organ dalam tubuh bekerja sepanjang waktu tanpa jeda. Penuaan dini tidak hanya dirasakan pada bagian fisik saja namun juga pada fungsi organ tubuh yang kian melemah secara menyeluruh.

Sayuran merupakan makanan pendamping lauk yang sangat menyehatkan. Rasanya sangat tidak lengkap jika makan tanpa menggunakan sayuran. Sayuran memilki banyak jenis dan kandungan gizi yang berbeda yang sangat baik bagi tubuh. Sebagian orang menggunakan sayuran untuk menjadi santapan dalam pola diet mereka. Tahukah kamu bahwa sayuran tidak hanya bagus untuk diet  namun juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Berikut pemaparannya:


4 jenis sayuran yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini
Sayuran

 

1.    Sayur bayam

Bayam sudah dikenal luas sebagai sayuran yang sangat menyehatkan tubuh. Sayuran berwarna hijau ini memilki berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Tidak disangka bahwa nutrisi dari bayam ini ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kulit tepatnya dalam mencegah penuaan dini.


Menurut pakar kesehatan, bayam memilki kandungan lutein yang bisa mengatasi munculnya kerutan di wajah. Dengan rutin menggunakan masker bayam secara teratur, maka masalah kerutan di wajah dapat dicegah. Tidak hanya itu, mengkonsumsi bayam setiap hari atau secara teratur juga juga dapat memberikan nutrisi pada kulit, menyehatkan kulit, dan mebuat kulit semakin awet muda.

Cara membuat masker bayam sama dengan cara membuat masker lainnya yaitu dengan menghaluskan bayam dengan blender atau digiling, kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan hingga mengering atau selama 15 menit. Lakukan secara teratur atau minimal 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2.    Brokoli

Kandungan vitamin C serta vitamin E yang cukup tinggi yang terkandung dalam brokoli sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dapat menstimulasi kolagen sehingga kulit menjadi lebih segar. Kandungan glukorafanin yang terkandung dalam brokoli mampu mengatasi kulit mati atau kulit rusak. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur dapat berfunsi untuk menjaga kulit dari serangan sinar UV yang dapat merusak kulit.

3.    Wortel

Sayuran yang satu ini terkenal dengan khasiatnya yang baik bagi mata. Selain itu wortel juga baik dikonsumsi sebagai obat anti kanker, kesehatan jantung, gigi, dan mencegah stroke. Satu porsi wortel ukuran sedang memiliki kandungan 25 gram kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein. Selain itu wortel juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, forfor, vitamin E, magnesium dan seng.

Dengan kandungannya yang begitu banyak, wortel bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mencegah penuaan dini. Manfaat wortel untuk kulit diantaranya dapat mencerahkan kulit, merelaksasi kulit, melembabkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, menghilangkan noda di kulit, mengatasi wajah yang berminyak, memutihkan kulit tubuh, menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, antioksidan dan mencegah penuaan dini.

Cara menggunakan wortel bisa dikonsumsi seperti menjadikannya sayur lalapan ( atau sayur olahan lain), di buat jus atau menjadikannya sebagai masker harian kamu. Tentunya bahan ini sangat aman karna tidak mengandung bahan kimia.

4.    Tomat

Tomat memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah seperti vitamin C dan vitamin E serta memiliki kandungan antikuman yang sangat ampuh dalam membasmi kuman-kuman pada kulit wajah. Buah tomat sering dijadikan masker wajah karena manfaatnya untuk kulit sangat banyak diantaranya dapat mencerahkan dan melembabkan kulit, dapat melindungi kulit dari sengatan sinar UV, dapat mengurangi minyak berlebih di wajah, dapat menghilangkan jerawat, dapat mengecilkan pori-pori, dan mencegah penuaan dini.

Cara membuat masker tomat sangat gampang yaitu dengan cara menghaluskan tomat secukupnya kemudian langsung diaplikasikan ke wajah, diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin ( aman jikan digunakan setiap hari ) untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat untuk kamu yang ingin selalu terlihat awet muda. Hindari penggunaan kosmetik berbahaya agar kulitmu senantiasa sehat. Selamat mencoba...

0 Response to "4 Jenis Sayuran yang Sangat Baik untuk Mencegah Penuaan Dini"

Post a Comment