Beberapa Cara yang Bisa Diterapkan Jika Merasa Tidak Nyaman dengan Menstruasi

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi. Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi secara alami pada wanita. siklus menstruasi pada wanita diatur oleh hormon. Beberapa hormon yang terlibat adalah GnRH ( gonadotropin relasing hormone ), FSH ( folicle stimulating hormone ), LH ( luteinising hormone ), estrogen dan progesteron.

Siklus haid rata-rata pada wanita terjadi setiap 28 hari sekali, namun tidak semua wanita mengalami hal yang serupa. Terkadang siklus ada yang terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari dan masa menstruasi rata-rata 5 hari, ada juga 2 hari, atau 7 hari dan yang paling lama 15 hari.

Saat menstruasi, sering kami para wanita merasa tidak nyaman, baik rasa tidak nyaman dengan perasaan ataupun rasa tidak nyaman akibat menstruasi itu sendiri seperti takut darahnya akan menembus celana, rok dan sebagainya. Rasa tidak nyaman lain seperti sakit perut dan sakit pinggang, hal ini tidak dialami oleh setiap wanita karena setiap wanita memiliki  perasaan tidak nyaman yang berbeda-beda. Rasa tidak nyaman yang dialami para wanita bisa diminimalisir dengan beberapa cara yaitu :

beberapa cara yang bisa diterapkan jika merasa tidak nyaman dengan menstruasi
pembalut higienis saat menstruasi

1.    Kompres perut bagian bawah dengan air hangat

Saat nyeri haid akibat dari konstraksi dinding rahim, kompreslah perut bagian bawah dengan heating compres atau boleh juga dengan menggunakan air hangat. Biasanya nyeri haid diakibatkan oleh darah yang membeku dan kurang lancar, oleh karena itu, dengan mengompres perut akan membuat perut sedikit lebih nyaman. Disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar peredaran darah menjadi lancar.

2.    Mengurangi asupan lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh misalnya burger atau kentang goreng, keduanya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat sedang haid. Lemak jenuh akan membuat perut bagian bawah akan terasa sakit. Untuk itu ada baiknya jenis makanan tersebut dihindari agar terhindar dari rasa sakit saat menstruasi.

3.    Gunakan pakaian yang nyaman

Saat sedang haid, dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sebisa mungkin hindari jenis pakaian ketat. Saat haid jumlah keringat yang keluar akan lebih banyak sehingga jika menggunakan pakaian ketat akan membuat pakaian tersebut basah sehingga kamu akan tidak nyaman. Selain itu menggunakan pakaian ketat akan membuat pembalut terasa tidak nyaman karna tidak ada udara yang masuk sehingga menyebabkan iritasi.

4.    Hindari menggunakan busana warna putih

Sebenarnya tidak ada salahnya kamu menggunakan busana berwarna putih asalkan kamu merasa nyaman. Namun jika kamu merasa tidak nyaman seperti takut pas banyak-banyaknya keluar, sebaiknya kamu hindari penggunaan warna putih. Apalagi saat kamu berada di luar atau sedang pesta, mengenakan busana warna putih saat haid akan mengganggu aktivitas kamu.

5.    Sediakan pembalut

Usahakan untuk selalu menyediakan pembalut cadangan saat kamu berada di luar ruangan atau sedang berada di kantor karena bisa saja kamu telat untuk pulang atau ada rapat mendadak yang menuntut kamu untuk pulang telat sehingga kamu tidak bisa mengganti pembalut yang kamu kenakan saat pagi. Saat haid keluar banyak, bisa saja pembalut yang kamu gunakan tidak akan mampu menampung darah haid yang banyak sehingga kamu akan merasa tidak nyaman. Untuk itu segeralah ganti pembalut kamu setelah beberapa jam.

Saat sedang haid sebaiknya hindari juga minuman yang bersoda karena akan membuat darah yang keluar semakin banyak sehingga membuat kamu semakin tidak nyaman. Semoga pemaparan di atas bermanfaat, selamat mencoba...

0 Response to "Beberapa Cara yang Bisa Diterapkan Jika Merasa Tidak Nyaman dengan Menstruasi"

Post a Comment