Beberapa Pengaruh Stres bagi Kesehatan dan Kecantikan serta cara Mengatasi Stres

Menurut Robbins (2001) stres dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.

Saat stres tubuh memompa hormon stres sebagai bagian dari respon stres akut. Hormon ini mengarahkan darah jauh dari kulit, mengirimkannya untuk bahan bakar otot dan organ. Dr. Whitney Bowe seoorang ahli kulit di New York Amerika Serikat mengatakan “ stres kronis membuat kulit kekurangan oksigen dan nutrisi penting yang menggangu kondisi kulit dan kadang terjadi pembengkakan”. Stres juga dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan sehingga jika kulit rentan berjerawat maka akan sangat mudah berjerawat.

Stres dapat menyebabkan perasaan negatif atau yang berlawanan dengan apa yang diinginkan atau semacam kesejahteraan emosional. Sumber stres bisa dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, pekerjaan dan lain sebagainya. Stres dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan dapat membuat kecantikan alami tubuh kita berkurang. Namun kamu tidak perlu khawatir karna setiap penyakit tentu ada obatnya atau cara mengatasinya.

Berikut beberapa pengaruh stres bagi kesehatan dan kecantikan serta cara mengatasinya:


1.    Susah fokus

Stres bisa dibilang sebagai cara tubuh untuk menanggapi adanya pikiran negatif, ancaman maupun tekanan fisik dan psikologis. Tubuh yang sedang dilanda stres biasanya akan melakukan “pertahanan diri ” sebagai bentuk perlindungan dari stres tersebut. Itulah mengapa saat kamu stres, kamu jadi susah fokus dalam melakukan apapun. Bahkan terkadang pikiran kamu jadi terganggu dengan lingkungan sekitar.

beberapa pengaruh stres bagi kesehatan dan kecantikan serta cara mengatasi stres
Stres

2.    Susah mengendalikan emosi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat kita sedang stres biasanya mudah sekali terbawa emosi sehingga sulit berfikir dengan jernih. Saat sedang stres masalah kecil saja dapat membuat kamu menjadi emosi.

3.    Susah melihat kebaikan orang lain

Stres membuat kamu cenderung lebih memperhatikan hal-hal negatif dan mengabaikan hal positif. Itulah sebabnya saat kamu sedang memiliki masalah yang membuat kamu stres dan pada saat yang bersamaan pasangan kamu atau orang terdekatmu sedikit bermasalah denganmu pasti akan membuat kamu berfikir bahwa mereka bukanlah orang yang baik, saat itu juga keluar semua keburukan-keburukan mereka. Meskipun mereka lebih banyak melakukan kebaikan padamu namun pada saat kamu stres kebaikan mereka seolah tidak ada.

4.    Susah melindungi tubuh dari serangan penyakit

Stres terkadang dapat membuat kamu mudah lelah dan jatuh sakit karena stres dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Jika daya tahan tubuh kamu menurun maka akan sangat rentan tehadap virus sehingga kamu akan gampang sakit.

5.    Sudah tidur

Normalnya, produksi hormon kortisol oleh tubuh meningkat di pagi hari dan menurun secara bertahap sampai malam hari. Penurunan hormon kortisol pada malam hari akan membuat kamu mengantuk sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Sebaliknya, stres justru dapat memicu peningkatan produksi hormon kortisol sekaligus dapat membuat otak bekerja aktif melawan penyebab stres ( stressor ). Tahukah kamu bahwa tidur yang cukup dan nyenyak dapat menyebabkan kulit kamu menjadi lebih segar saat bagun. Jika stres membuat kamu susah tidur maka kulit kamu pun akan mengalami lelah sehingga terlihat kusam dan keluar kerutan-kerutan yang merupakan tanda-tanda dari penuaan kulit.

6.    Berjerawat

Pruduksi minyak berlebih yang terjadi akibat stres akan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat maka akan membuat jerawat semakin subur dan sulit disembuhkan.

Mengatasi stres ada beberapa cara, ada cara alami, ada juga dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun, ada baiknya kamu gunakan cara alami terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat.

Berikut cara alami dalam mengatasi stres:


1.    Makanan sehat

Makanan yang mengandung vitamin B , omega 3, asam folat, magnesium dan vitamin C merupakan makanan yang dapat meredakan stres. Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar funsi memori.

2.    Berfikir positif

Stres sering diakibatkan oleh masalah dalam hidup. Dengan berfikir positif maka akan mengurangi bahkan menjauhkan diri dari stres. Caranya yaitu dengan menganggap setiap masalah merupakan ujian dari YME. Dan masalah dalam hidup juga pelajaran agar kita bisa menjadi semakin dewasa dan bijak dalam mengambil keputusan.

3.    Musik

Dengan bermain musik ataupun mendengarkan musik, otot-otot yang tegang menjadi kendur karena musik dapat merelaxasi tubuh dan pikiran kita. Usahakan mendengar musik yang membuat kita tenang bukan jenis musik yang makin memperparah mood kita.

4.    Liburan

Liburan merupakan cara asik dalam menghilangkan kejenuhan dan stres. Saat pekerjaan di kantor membuat kita semakin stres maka luangkan waktu sejenak untuk berlibur agar pikiran kita menjadi fres kembali. Dengan begitu stres pun berkurang.

5.    Melakukan hobby

Setiap orang pasti memiliki hobby, saat stres manfaatkan hobby kamu untuk mengobati stres dan yang kamu dapatkan tidak hanya ketenangan, namun rasa bahagia dan semangat bekerja akan kembali lagi. Biasanya setelah melakukan kegiatan yang kamu suka, kamu akan dapat berfikir jernih.

Itulah beberapa pengaruh stres dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Beberapa Pengaruh Stres bagi Kesehatan dan Kecantikan serta cara Mengatasi Stres"

Post a Comment