Mengenal Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Menanganinya dengan Cepat

Jerawat umumnya tumbuh di area wajah, namun terkadang ada juga yang tumbuh di area lain seprti badan, leher, punggung dan sebagainya. Jerawat yang tumbuh menimbulkan rasa sedikit panas, gatal dan bahkan bernanah. Jerawat biasanya tumbuh disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat buat kulit, jarang berolah raga, jarang mandi, jarang mencuci rambut dan banyak lagi kebiasaan lainnya yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Seperti yang kita ketahui bahwa jerawat tumbuh akibat pori-pori yang ditutup oleh sel kulit mati sehingga menimbulkan jerawat. Jerawat juga menandakan adanya penyakit di dalam tubuh seseorang. Jerawat bisa menyebabkan kulit menjadi rusak jika tidak ditangani dengan benar, oleh sebab itu jerawat itu perlu perhatian yang khusus dalam menanganinya agar tidak berdampak pada kerusakan kulit.

Jerawat di wajah yang satu dengan yang lain itu berbeda, meskipun sama-sama namanya jerawat tapi ternyata jerawat itu memiliki jenis yang berbeda dan efek serta akibat yang ditimbulkan berbeda satu sama lain.

Berikut beberapa jenis jerawat serta cara menanganinya yang wajib kamu tahu:

 

mengenal jenis-jenis jerawat dan cara menanganinya dengan cepat
Jerawat

1.    Jerawat biasa

Jerawat ini tumbuh karena tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Bakteri itu hidup di daerah diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi di bawah permukaan kulit atau sering juga disebut dengan kelenjar sebaceous.

2.    Jerawat batu

Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dari jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut dengan Cystic Acne disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak.

3.    Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai dewasa.

4.    Jerawat Rosacea

Jerawat Rosacea ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

5.    Jerawat Nitrosica

Jerawat ini harus diwaspadai karena jika dibiarkan akan menimbulkan lubang di wajah.bentuknya sama seperti jerawat lainnya namun efek yang ditimbulkan akan berbeda bahkan bisa menyebabkan kulit berlubang-lubang.

Cara menangani jerawat


1.    Madu asli

Madu terkenal dengan khasiatnya yang tidak hanya baik bagi tubuh namun juga sangat ampuh dalam membasmi jerawat. Caranya dengan memanaskan sedikit madu atau secukupnya kemudian oleskan ke wajah berjerawat saat madu dalam keadaan hangat.  Lakukan secara rutin agar jerawatnya hilang. Madu tidak hanya dapat mengobati jerawat namun juga bisa menghilangkan bekas jerawat itu sendiri.

2.    Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Dengan mengaplikasikan jeruk nipis ke wajah dipercaya mampu mengurangi minyak di wajah penyebab jerawat. Caranya dengan mengambil sepotong jeruk nipis kemudian gosokkan ke area wajah yang berjerawat. Pemakaian pertama akan terasa perih namun jika sudah terbiasa maka perihnya akan hilang bersaam dengan hilangnya jerawat.

3.    Es batu

Untuk jerawat yang masih kurang dari 24 jam, kamu bisa menggunakan es batu untuk mengatasinya. Es batu membantu mengempeskan jerawat dab mengecilkan pori-pori di wajah tempat terperangkapnya debu dan polusi. Caranya dengan mengompres wajah dengan es batu selama beberapa menit.

4.    Perawatan wajah

Penggunaan bahan alami memang membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama namun cara alami biasanya tidak menimbulkan efek yang dapat merugikan kita, selain itu cara alami biasanya lebih gampang digunakan dan ekonomis.

Jika kamu termasuk orang yang tidak sabar dan didukung dengan kantong yang tebal, kamu bisa menggunakan cara lain seperti melakukan perawatan ke dokter kecantikan. Biasanya cara ini sangat ampuh karena dilakukan oleh orang yang ahli dibidangnya.

Apapun jenis jerawat kamu dan seperti apapun kondisiny pasti ada cara untuk menanganinya. Namun yang perlu diingat adalah mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu diperlukan untuk kita selalu menjaga kebersihan serta gaya hidup yang sehat agar terhidar dari segala jenis penyakit yang dapat mengganggu dan merusak aktivitas kita. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Menanganinya dengan Cepat"

Post a Comment