Khasiat Air Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Air mawar atau sering juga disebut dengan sebutan Rose water ini sering digunakan sebagai campuran dalam produk kecantikan atau dalam campuran masker. Air mawar dibuat dari hasil penyulingan kelopak bungan mawar yang kemudian digunakan sebagai campuran bahan kosmetik atau sebagai penyegar kulit.

Air mawar sangat gampang didapatkan, kamu bisa membelinya di toko kosmetik, swalayan atau dengan membuatnya sendiri di rumah. Ternyata air mawar atau rose water masih banyak khasiatnya untuk kesehatan kita.

Berikut beberapa khasiat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan yang jarang diketahui orang:

 

khasiat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan yang jarang diketahui orang
air mawar

1.    Atasi kantung mata dan keriput

Saat kamu habis menangis atau suka bergadang maka akan menyebabkan kantung mata. Kantung mata membuat wajah kamu terlihat tidak segar. Air mawar dapat membantu menyamarkan kantung mata. Caranya dengan mengompres bagian bawah mata yang ada kantung matanya. Kompres selama 5 menit, lakukan sesering mungkin.kompres dengan menggunakan air mawar yang dingin. Bunga mawar mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Keriput atau kerutan di wajah disebabkan oleh stres. Menggunakan air mawar dapat membantu mengurangi stres. Area yang dapat disemprotkan seperti di pergelangan tangan, belakang siku, dan bagian bawah telinga. Di area tadi terdapat pembuluh darah besar, jika pembuluh darah tersebut mengeluarkan hawa panas maka aroma dari air mawar tadi akan cepat berkembangnya sehingga menjadikan tubuh menjadi lebih rileks. Caranya sama seperti menggunakan parfum tapi dengan menggunakan bahan alami yaitu air mawar.

2.    Redakan kulit iritasi

Jika kulit terjadi iritasi tanpa sebab maka jangan khawatir, kamu bisa menggunakan air mawar atau rose water sebagai solusinya. Caranya dengan menyemprotkanair mawar pada bagian kulit yang iritasi kemudian tiup kulit yang iritasi hingga air mawar menyerap.  Kulit yang iritasi bisa terjadi karena kering dan kurang lembab. Penggunaan air mawar secara rutin dapat memberikan rasa sejuk, menyegarkan dan melembabkan kulit.

3.    Face mist

Mungkin kamu sudah rutin menggunakan masker dari masker siap pakai maupun masker yang dibuat dengan bahan alami namun kulit masih saja kering, kini kamu bisa menggunakan air mawar sebagai solusi kulit keringmu. Caranya hanya dengan menyemprotkan air mawar sebagai face mist favorit kamu. Air mawar berfungsi untuk menyegarkan dan melembabkan wajah. Semprotkan air mawar setiap kulitmu terasa kering agar kulit kamu senantiasa terjaga kelembabannya.

4.    Sebagai toner wajah

Setelah cuci muka biasanya wajah malah terasa lebih kering, namun kamu bisa menggunakan air mawar atau rose water. Air mawar mampu mengecilkan pori-pori dan melembabkan wajah. Cara cukup dengan menjadikan air mawar sebagai toner harian kamu  dan aplikasi ke wajah setelah mencuci muka, diamkan beberapa saat agar meresap.

5.    Sebagai hair mist

Aktivitas yang padat kadang mudah membuat rambut menjadi berantakan dan sulit diatur, gunakan saja air mawar sebagai solusinya. Cukup dengan menyemprotkan air mawar pada rambut lalu disisir dan rapikan rambut kamu. Air mawar bagus untuk rambut karena kandungan minyak esensial di dalamnya yang dapat melembabkan rambut.

6.    Mencerahkan kulit

Air mawar mengandung vitamin A, C dan E yang mampu mencerahkan kulit. Jika kulitmu terasa kusam maka kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner wajah kamu  agar kulit wajah kamu menjadi bersih dan cerah. Lakukan sesering mungkin agar tingkat kecerahan kulitmu semakin meningkat.

Cara membuat air mawar yang alami:

  • Pilihlah kelopak bunga mawar yang segar secukupnya kemudian cuci bersih.
  • Masukan ke panci dan tuang air yang bersih ke dalamnya.
  • Panaskan diatas kompor dengan menggunakan api kecil.
  • Setelah 20 menit matikan kompor, saring dan simpan dalam wadah yang bersih.

Kamu juga bisa menggunakan air mawar kemasan untuk melakukan ritual di atas. Semoga pemaparannya bermanfaat, selamat mencoba...

0 Response to "Khasiat Air Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang"

Post a Comment