Cara Alami Mengatasi Kulit Pecah-Pecah dan Kasar


Kulit dibagian tumit termasuk bagian tubuh yang paling kering juga yang paling sering mengalami pecah-pecah. Kondisi kulit yang kasar bisa sangat mengganggu penampilan.Banyak orang yang tidak menyadari bahwa penyebab tumit pecah-pecah ternyata sederhana. Aktivitas harian seperti penggunaan sepatu berbahan keras atau sempit, cuaca dingin, terlalu sering mandi dengan air panas, sehingga lapisan pelindung kulit rusak dan menyebabkan penguapan air.    Kelembaban kulit menjadi hilang sehingga Kulitpun akhirnya menjadi kering, kasar, dan pecah-pecah.

Jarangnya memakai alas kaki atau paparan kulit dengan detergen dan bahan kimia lain juga bisa merusak lapisan pelindung kulit. Faktor usia juga menjadi penyebab utama kulit menjadi pecah-pecah.Sebenarnya, siku, lutut dan bibir juga mengalami pecah-pecah dan kasar, namun disini saya lebih mengkhususkan untuk kulit pada tumit kaki yang pecah-pecah dan kasar.
cara alami mengatasi kulit pecah-pecah dan kasar

Ada beberapa cara alami mengatasi kulit  pecah-pecah dan kasar.

1. Lemon dan garam

Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan lemon dan garam. Lemon dikenal mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit dan garam dapat mencegah segala infeksi.

2. Air mawar dan gliserin

Oleskan campuran air mawar dan gliserin pada kulit yang pecah-pecah saat menjelang tidur. Biarkan semalaman dan lakukan secara rutin dan teratur.

3. Minyaak sayur

Olive oil, minyak kelapa atau minyak almon, bisa juga digunakan sebagai pelembab untuk mengobati kulit bagian tumit yang pecah-pecah. Karna anti oksidan dalam minyak sayur dapat memperbaiki bagian retak pada kulit. Minyak sayur juga mengandung protein yang bisa menyembuhkan kulit pecah-pecah. Caranya oleskan minyak sayur pada kaki yang pecah-pecah sebelum tidur, pakailah kaus kaki dan biarkan semalaman, esoknya bilas dengan air hangat.

4. Tepung beras dan madu

Madu berfungsi sebagai pelembab yang alami dan tepung beras berguna sebagai scrub alami. Pencampuran kedua bahan tersebut akan dapat memperbaiki kulit bagian tumit yang pecah-pecah.

5. Cuka

Rendam kaki dalam air hangat yang sudah dicampur dengan cuka selama beberapa menit kemudia digosok degan batu apung agar sel kulit matinya terangkat dan tumit menjadi halus.

6. Madu

Rendam kaki dalam air hangat yang sudah dilarukkan satu sendok makan madu,  tunggu hingga 20 menit kemudia gosok dengan tangan ataupun batu apung, sel kulit mati akan terangkat dan kulit menjadi halus kembali.

7. Vaseline dan jeruk nipis

Campurkan 1 sdm vaseline dengan 1 sdm jeruk nipis, aduk hingga rata. Rendam kaki dalam air hangat selama 20 menit, kemudian oleskan campuran madu dan vaseline tersebut. Gunakan pada malam hari dan jangan lupa menggunakan kaos kaki. Biarkan semalaman, cuci keesokn harinya.

Itulah beberapa cara alami mengatasi kulit pecah-pecah dan kasar. Mungkin salah satu bisa kamu praktekkan di rumah. Selamat mencoba...



0 Response to "Cara Alami Mengatasi Kulit Pecah-Pecah dan Kasar"

Post a Comment