Cara Cepat Menghilangkan Mata Sembab

Air mata yang keluar saat kita menangis akan menyebabkan mata kita menjadi sembab. Sehingga kita akan malu saat bertemu dengan orang lain karna takut akan kesedihan yang kita hadapi diketahui oleh orang banyak. Saat itu terjadi terkadang kita menggunakan make up yang tebal agar terlihat seperti biasa. Namun, mata sembab sangat susah untuk ditutupi karena semua orang pernah mengalami hal yang serupa.

Ternyata penyebab mata sembab tidak hanya karena menangis, faktor lain seperti reaksi alergi, dermatitis ( gangguan kulit yang terjadi di area mata ), kelenjar air mata yang tidak berfungsi dengan baik, pola makan yang tidak sehat, kurang tidur atau pola tidur yang tidak teratur, faktor genetik, terlalu lama menggunakan lensa kontak, faktor hormon dll

Mata sembab akan hilang dengan sendirinya jika penyebab dari mata sembab itu sendiri bukan merupakan suatu penyakit pada area mata. Hanya saja kamu butuh waktu beberapa saat atau bisa jadi 24 jam agar mata sembabmu kembali normal.

cara cepat menghilangkan mata sembab

Jika kamu buru-buru karna ada hal tertentu yang ingin kamu lakukan seperti pergi ke kantor atau ke tempat tertentu dan kamu ingin mata sembabmu segera hilang, berikut ada beberapa tipz yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Cuci muka

Mencuci muka atau khususnya mata akan membuat mata sembab menjadi lebih terasa nyaman. Jika mata sembabmu disebabkan oleh reaksi alergi, cara ini akan membantu menenangkan rasa gatal yang mungkin muncul pada mata. Mencuci muka akan membantu membersihkan alergen ( zat pencetus alergi ) pada area mata.

2. Kantung teh

Teh mengandung antioksidan dan kafein yang bisa membantu mengurangi pembengkakan. Caranya yaitu dengan mendinginkan kantong teh dalam kulkas beberapa saat kemudian diletakkan di kedua mata sambil berbaring. Tunggu hingga beberapa saat dan ulangi pemakaian jika mata sembabmu belum kembali normal. Kantung teh tidak hanya mampu mengurangi pembengkakan pada mata, akan tetapi juga mampu mencerahkan area mata. Sehingga mata sembabmu yang tadinya merah akan kembali putih dan normal. Jika kamu memiliki mata panda, kantung teh juga bisa kamu jadikan solusi menghilangkan mata panda.

3. Sendok

Siapa sangka sendok makan yang tadinya dipakai hanya untuk makan ternyata juga bisa menghilangkan mata sembab. Caranya hanya dengan mendinginkan sendok di kulkas beberapa saat ( jangan terlalu dingin karna bisa menyebabkan iritasi )kemudian letakkan pada mata sambil ditekan secara perlahan hingga mata sembabmu berkurang dan hilang.

4. Mentimun

Kandungan antioksidan dalam mentimun dapat mengurangi peradangan dan juga dapat membuat kulit di bawah mata menjadi lebih segar. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh semua orang dan merupakan cara yang sudah sangat dikenal di khalayak ramai. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan cara memotong mentimun tipis-tipis kemudian diletakkan di bagian mata yang sembab. Sensasi dingin yang ditimbulkan tidak hanya mampu mringankan mata sembab, tapi juga mampu menyegarkan mata.

5. Tidur yang cukup

Jika penyebab mata sembabmu karna terlalu banyak bergadang atau pola tidur yang tidak teratur, maka yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki pola tidurmu. Istirahat yang cukup akan menjadikan matamu terlihat segar dan indah.

6. Air es

Saat kamu ingin matamu terlihat segar seketika dan cara di atas tidak sempat lagi kamu lakukan, cara ini bisa menjadi pilihan terbaik kamu. Yaitu dengan menyiramkan air es ( air dingin yang tidak beku )  ke area mata ( pastikan matamu ditutup dulu sebelum menyiramkan air es ) secara perlahan. Cara ini memiliki fungsi yang sama seperti meletakkan sendok atau kantung teh yang didinginkan.

Semoga cara di atas bermanfaat buat kamu. Selamat mencoba...

0 Response to "Cara Cepat Menghilangkan Mata Sembab"

Post a Comment