Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Teh menjadi teman saat pagi hari, saat santai ataupun saat istirahat. Teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain aromanya yang dapat merelaksasi, teh juga dapat digunakan untuk diet ( seperti teh hijau ).

Ampas teh biasanya terbuang begitu saja. Tidak banyak yang tau manfaat dari ampas teh itu sendiri sehingga ampas teh terbuang percuma. Mulai saat ini hindari sifat tersebut, teliti dahulu sebelum membuang sesuatu. Bisa jadi apa yang kita anggap sampah ternyata memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kita.

Berikut beberapa manfaat dari ampas teh yang bisa kamu gunakan untuk merawat kecantikanmu.

1.    Menghilangkan kantung mata

Untuk kamu yang memiliki kantung mata atau mata panda, ampas teh dikenal mampu mengatasi kantung mata ataupun mata panda. Caranya hanya dengan rajin mengompres mata dengan ampas teh ( gunakan ampas teh celup ). Ambl dua ampas teh celup kemudian dinginnkan dalam lemari es, jika sudah cukup dinginnya langsung diletakkan di kelopak mata. Biarkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Gunakan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari bergadang karna itu merupakan penyebab utamanya. Usahakan untuk tidur yang cukup dan makan makanan yang sehat terutama untuk kulit.

2.    Mengangkat sel kulit mati

Ampas teh ( teh celup atau bukan ) bisa kamu jadikan sebagai scrub wajah kamu. Karna teksturnya yang kasar mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi halus.

Caranya dengan membalurkan ampas teh ke wajah kemudian digosok secara perlahan agar tidak merusak kulit kemudian bilas dengan air hangat. Jika kamu merasa cara ini agak sakit, kamu bisa mencampur ampas teh dengan madu atau minyak zaitun baru kemudian digosok perlahan. Cara ini dipercaya lebih baik karna ada campuran madu atau minyak zaitun yang sangat bagus untuk kelembutan kulit.
manfaat ampas teh untuk kecantikan
Masker ampas teh

3.    Mengatasi jerawat

Dalam teh hijau mengandung zat katekin yang berperan sebagai anti bakteri  yang melawan bakteri penyebab jerawat. Zat ini juga mengatur keseimbangan hormon yang memicu tumbuhnya jerawat. Kandungan anti-inflamasi dalam teh hijau mampu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat.

Caranya yaitu dengan menjadikan ampas teh hijau sebagai masker atau kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya seperti madu atau minyak zaitun. Gunakan seminggu sekali dan perbanyak mengkonsumsi air putih.

4.    Merangsang pertumbuhan rambut

Ketombe menjadi penyebab utama dalam kerontokan rambut. Ampas teh dikenal manjur untuk menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru sehingga rambut kamu menjadi lebat dan sehat.

Caranya yaitu dengan mencampurkan ampas teh dengan segelas air dan biarkan selama 15 menit di dalam kulkas kemudian dibalurkan ke kulit kepala sambil dipijat perlahan. Tunggu hingga 15 menit kemudian cuci rambut seperti biasa.

5.    Kulit terbakar matahari

Saat kulit terkena sinar matahari, akan menimbulkan rasa panas dan perih sehingga ini menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan ampas teh untuk mengurangi rasa perih pada kulitmu.

Caranya yaitu dengan mendinginkan ampas teh di kulkas kemudian baru kamu gunakan pada kulitmu yang terbakar. Gunakan secukupnya tergantung luas area yang terbakar.

6.    Memutihkan kulit

Menggunakan masker secara teratur dapat membuat kulitmu menjadi lebih cerah dan bersih. Salah satu masker yang bisa kamu gunakan adalah ampas teh. Gunakan ampas teh sebagai masker mingguan kamu untuk mendapatkan tona kulit setingkat lebih cerah.

Itulah beberapa manfaat dari ampas teh yang bisa kamu gunakan. Untuk hasil maksimal gunakanlah secara teratur dan sesuai dengan petunjuk agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

0 Response to "Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan"

Post a Comment