Penyebab Bibir Menjadi Kering dan Cara Mengatasi Bibir Kering

Seiring bertambahnya usia, sel-sel tubuh kita pun menua. Tidak terkecuali dengan bibir, sel-sel kulit bibir juga akan terkelupas dengan sendirinya dan diganti dengan sel kulit baru. Bibir yang sehat akan senantiasa lembab.

Kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari dapat merusak kelembaban bibir, misalnya sering menjilati bibir dapat menyebabkan bibir menjadi semakin kering. Air liur mengandung enzim yang akan membuat bibir menjadi semakin kering. Saat bibir sudah sangat kering maka akan menjadi pecah-pecah dan terkelupas. Jika bibir tersebut kita kelupasin maka akan menjadi luka pada bibir, dan saat bersentuhan dengan kuman atau virus maka akan terjadi infeksi yang serius. Ditambah lagi tangan yang kita gunakan untuk mengelupas bibir tidak bersih maka kuman akan langsung terkena luka pada bibir tersebut.

penyebab bibir menjadi kering dan cara mengatasi bibir kering
bibir

Sebenarnya pada kulit bibir kondisinya sama dengan kulit kita di seluruh tubuh yang memiliki hidrasi sendiri. Tubuh kita selalu mengeluarkan air baik dalam bentuk keringat maupun yang menguap ke udara. Begitupun dengan bibir, jika tidak diaplikasikan pelembab bibir maka dia bisa menjadi kering karena tidak ada yang menangkal. Ketika kita menggunakan pelembab maka akan ada lapisan yang menangkal dan menghidrasi sekaligus mencegah kelebihan cairan yang menguap dan keluar dari bibir kita. Kurang minum juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Sebaiknya kamu selalu minum yang cukup agar bibirmu menjadi sehat dan lembab.

Untuk mengatasi kulit kering pada bibir, berikut ada cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

 

1.    Masker bibir

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan bibir kamu dengan sikat gigi. Caranya rendamlah sikat gigi dalam air hangat kuku beberapa saat kemudian baru sikat bibirnya dengan sikat tersebut. Saat membersihkan maka akan terangkat sel kulit mati sehingga kulit bibir menjadi bersih.

Setelah itu oleskan madu secara merata ( gunakan madu alami ) kemudian tempelkan plastik yang sudah dipotong seukuran bibir. Kemudian lakukan pijatan ringan pada bibir agar sirkulasi darahnya menjadi lancar. Biarkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat lagi.

2.    Scrub bibir

Scrub bibir sebenarnya hal yang penting untuk kamu lakukan dikarnakan sel kulit mati yang menumpuk di atas bibir akan terangkat dengan lembut tanpa menyebabkan bibir menjadi luka. Caranya Campurkan madu dengan gula pasir dengan sedikit minyak kelapa ( bisa juga dengan minyak zaitun ). Kemudian aplikasikan ke bibir dan diamkan selama 2-3 menit kemudian digosok perlahan. Gunakan 2 atau 3x seminggu.

Penggunaan gula pasir pada scrub tersebut agar scrub yang kita gunakan sedikit lebih kasar untuk mengangkat sel kulit mati. Gula merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat scrub bibir.

Setelah melakukan ritual tersebut minimal seminggu sekali, kamu harus sering mengaplikasikan pelembab bibir agar bibir kamu terjaga kelembabannya. Gunakan pelembab yang tidak mengandung rasa-rasa untuk menghindari kamu untuk menjilat bibir kamu. Lagi-lagi saya sarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik bagi tubuh terutama untuk kulit jika kamu ingin kulit kamu tetap awet muda.

Mulai sekarang hindari kebiasaan yang menyebabkan bibir kamu menjadi kering dan cobalah mempraktekkan cara mengatasi bibir kering di rumah agar terhindar dari bibir kering serta hal-hal lain yang tidak kita inginkan. Selamat mencoba...

0 Response to "Penyebab Bibir Menjadi Kering dan Cara Mengatasi Bibir Kering"

Post a Comment