Penyebab Kerusakan pada Kuku dan Cara Merawat Kuku agar Kuat dan Sehat

Coba perhatikan kuku kamu, apakah kuku kamu sehat atau tidak ? kuku yang sehat ditandai dengan struktur kuku yang kuat dan mengkilat layaknya kuku bayi yang belum mengalami perubahan apapun.

Seiring bertambahnya usia kuku menjadi semakin menua pula, kuku akan menjadi rapuh dan rusak seperti tumbuhnya jamur yang dapat menyebabkan bentuk kuku yang kusam dan menguning serta bau yang tidak sedap akan keluar saat kuku merusak kulit disekita kuku.

Perlakuan yang salah terhadap kuku bisa menyebabkan kuku menjadi rusak. Kebiasaan buruk yang kita lakukan tanpa kita sadari ternyata berakibat sangat fatal pada kesehatan kuku kita.

penyebab kerusakan pada kuku dan cara merawat kuku agar kuat dan sehat
perawatan kuku

 

Kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan kuku rusak atau rapuh

 

1.    Kebiasaan menggigit kuku

Saat kita melamun, menunggu, atau saat kita gelisah tanpa sengaja kita menggigit kuku. Terdengar seperti hal biasa dan wajar namun tahukah kita kalau kebiasaan tersebut ternyata dapat merusak kuku kita jika kita melakukannya berkali-kali.

2.    Penggunaan pewarna kuku

Mewarnai kuku memang akan membuat kuku menjadi indah, tapi sadarkah kita kalau terlalu sering mewarnai kuku dapat merusak pada bagian struktur proteinnya, kutikulanya maupu dekaratine nya.

Untuk menjaga agar kuku kita tetap kuat dan sehat, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah.

 

1.    Air perasan lemon

Rendamlah kuku kamu dalam air perasan lemon selama 10-15 . kandungan vitamin C dan asam yng terdapat di lemon membantu pembentukan kulit baru dan menjaga kelembabannya

Konsumsi makanan tinggi kalsium, probiotik, vit B, vit E yang berasal dari kacang-kacangan, gandum, dan lemon.

2.    Tomat

Maskerlah kuku kamu dengan tomat yang sudah di hancurkan dan dicampur dengan satu sendok minyak zaitun kemudian dioleskan pada kuku yang sudah bersih ( bersihkan kuku terlebih dahulu dengan menggunakan handuk hangat).

Kandungan licopene bagus untuk pergantian sel kulit baru. Licopene juga merupakan salah satu antioksidan tertinggi dan kandungannya biasanya sangat mudah didapatkan pada tomat. Licopene akan optimal jika didapat pada tomat yang setengah matang, tapi yang sudah matangpun tetap memiliki kandungannya.

Penggunaan masker tomat pada kuku ini harus ditunggu hingga tomatnya mengering baru kemudian dibilas dengan menggunakan air hangat kuku.

Perawatan kuku ini bisa dilakukan seminggu sekali jika tingkat kerusakannya biasa-biasa saja, namun jika sudah parah bisa digunakan seminggu 2x.

Perawatan kuku sebenarnya sangat jarang dilakukan dikarnakan sebagian orang merasa bahwa kuku sangat jarang terlihat atau jarang menjadi pusat perhatian. Perawatan kuku sering dilakukan oleh publik figure atau orang-orang yang mengutamakan penampilan. Untuk masyarakat biasa, tidak ada salahnya merawat kesehatan dan kekuatan kuku kita agar kuku menjadi cantik  dan lebih percaya diri saat tanganmu di sentuh oleh pasangan kamu.

Buat kamu yang ingin kukunya sehat dan kuat, tipz di atas bisa menjadi alternatif kamu dalam merawat kuku cantikmu. Selain bahannya mudah didapat, bahan-bahan di atas juga sangat alami dan ekonomis. Selamat mencoba...

0 Response to "Penyebab Kerusakan pada Kuku dan Cara Merawat Kuku agar Kuat dan Sehat"

Post a Comment