Bahaya dari Kandungan Cream Pemutih Wajah yang Tidak Kita Sadari

Berbagai produk kecantikan wajah mungkin sudah tidak asing lagi bagi para kaum hawa dari mulai lipstik untuk memerahkan bibir, bedak untuk meratakan warna kulit hingga cream pemutih wajah untuk mencerahkan kulit wajah. Dalam pemakaian cream pemutih wajah biasanya tidak langsung mendapatkan hasil yang maksimal karena ada tahapan-tahapan yang harus dilewati untuk mendapatkan kulit putih. Lalu dibalik itu semua bahayakah cream pemutih wajah ?

Faktanya pada tahun 2013, BPOM pernah mengamankan lebih dari 74 ribu unit produk kosmetik yang memiliki kandungan zat berbahaya dan tidak memiliki izin edar. Pada tahun yang sama diumumkan 17 merk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Dan sebagian besar adalah produk-produk pemutih kulit.

Belakangan ini banyak cream pemutih wajah yang menjanjikan kulit putih bersih secara instan sehingga produk cream pemutih wajah menjadi trend yang sangat diminati didunia kecantikan. Cream pemutih wajah yang mampu memutihkan wajah dengan cepat dan bagus secara alami padahal disebabkan oleh zat kimia kosmetika berbahaya seperti mercury dan Hydroquinone yang memang bisa memutihkan kulit wajah dengan cepat. Namun juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan kulit pemakainya.

Berikut bahaya yang ditimbulkan dari cream pemutih wajah :

 

bahaya dari kandungan cream pemutih wajah yang tidak kita sadari
kulit putih bersih

1.    Mercury atau air raksa

Mercury atau air raksa merupakan kandungan pertama yang terdapat pada cream pemutih wajah. Mercury atau air raksa adalah logam yang pada kondisi normal berbentuk cairan warna abu-abu yang tidak berbau dan tidak larut dalam air dan alkohol tetapi larut dalam asam nihrat dan asam sulfur panas. Kemudian mercury adalah bahan aktif yang berdampak dalam pengelupasan epidermis kulit. Dalam jangka panjang, penggunaannya dapat merusak fungsi ginjal, sistem saraf, dan timbul masalah psikologis pada pemakainya. Selain itu jika digunakan pada ibu hamil secara terus menerus, mercury atau air raksa ini dapat menyebabkan kelainan funsi otak pada janin yang ada di dalam kandungan.

2.    Hydroquinone

Hydroquinone adalah bahan kimia yang biasa digunakan pada proses cuci cetak foto dan berguna sebagai zat penstabil dalam minyak, cat, vernis, serta bahan bakar kendaraan. Bahkan FBA atau Bpom milik Amerikan serikat menyatakan bahwa produk pemutih yang dijual bebas di pasaran hanya boleh mengandung kadar hydroquinone maksimal 2%. Sementara jika produk ini diresepkan dokter spesialis kulit, maksimal hanya boleh mengandung 4% hydroquinone.

Karenanya penggunaan hydroquinon diatas 4% dapat menyebabkan ruam pada kulit karena terbakar. Selain itu dengan penggunaan hydroquinone dengan kadar tinggi dan berkelanjutan dapat memicu hiperpigmentasi yaitu menggelapnya warna kulit akibat pertambahan kadar melanin. Melasma atau bercak hitam adalah salah satu contoh kondisi hiperpigmentasi yang kemudian dapat menyebabkan fitiligo yaitu dapat menghilangkan pigment kulit secara keseluruhan atau akibat matinya sel melanosit penghasil melanin. Ciri utama fitiligo adalah munculnya bercak putih pada kulit pemakainya dan dapat menyebabkan okronosis exogen yang menyebabkan kulit menjadi berwarna biru kehitaman.

3.    Steroid

Steroid atau yang biasa disebut dengan kortikorsteroid adalah kandungan berbahaya yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan contohnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal. Namun jika dikonsumsi dengan kadar tinggi dan berkelanjutan steroid yang tergolong kuat ini dapat menyebabkan katarak dan pelemahan pada tulang. Dan khususnya untuk kulit, efek samping dari penggunaan steroid adalah penipisan pada lapisan kulit karena pada kenyataannya jika kulit menjadi terlalu tipis orang tersebut akan lebih mudah tergores dan terluka. Selain itu, steroid yang dioleskan pada kulit dapat terserap oleh tubuh dan masuk ke dalam pembuluh darah dan efek samping lainnya adalah pembuluh darah kapiler nampak pada permukaan kulit akibat menipisnya lapisan kulit.

Sesungguhnya merawat tubuh dan wajah tidaklah dilarang asalkan dilakukan dengan benar yaitu tidak menyiksa diri sendiri atau merusak diri sendiri. Melakukan perawatan wajah dan tubuh adalah kegiatan memanjakan seluruh tubuh agar selalu cantik, sehat dan indah dipandang mata.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat...

0 Response to "Bahaya dari Kandungan Cream Pemutih Wajah yang Tidak Kita Sadari"

Post a Comment