Dapatkan Kulit Cantik dengan Manfaat Alami Buah Mentimun

Mentimun atau timun merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air dan elektrolit yang baik untuk mengganti cairan tubuh akibat dehidrasi. Mentimun adalah jenis sayur dan salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan dan diyakini berasal dari dataran india. Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat seperti anggota lain dari keluarga cucurbita, misalnya labu, semangka, melon, dll.

Mentimun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari seperti rendah kalori, tinggi kalium, antioksidan, bersifat diuretik, vitamin K, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi mentimun yang bisa kita gunakan sebagai asupan gizi kita.

Mentimun tidak hanya baik bagi tubuh, namun juga sangat efektif jika digunakan untuk mempercantik kulit. Kandungan zat penting yang terkandung dalam mentimun dipercaya dapat menjadikan kulit menjadi lebih awet muda. Caranya sangat gampang yaitu dengan menjadikan mentimun sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kulit dari segala macam kerusakan yang ditimbulkan oleh polusi dan lingkungan.

Berikut beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan kulit :

 

dapatkan kulit cantik dengan manfaat alami buah mentimun
Mentimun

1.    Menghilangkan mata panda

Mata panda atau lingkar hitam pada mata terjadi akibat keturunan atau kurang tidur. Mata panda menjadikan wajah terlihat tidak segar. Mentimun berkhasiat menghilangkan mata panda secara alami. Kandungan anti oksidan serta silica dalam mentimun bisa menghilangkan lingkar hitam disekitar mata atau yang biasa disebut mata panda.

Caranya dengan mengiris buah mentimun tipis-tipis kemudia letakkan di area mata biarkan beberapa saat, atau dengan cara menghaluskan mentimun kemudian saring, lalu ambil kapas dan basahi dengan perasan air mentimun tadi kemudian kompres bagian mata yang memiliki lingkar hitam atau mata panda.

2.    Kantung mata

Kantung mata terjadi akibat sering menangis atau terlalu lama di depan tv atau komputer. Kandungan asam askorbat dari mentimun bisa mengurangi kandungan air pada kulit di sekitar mata dan mengurangi kantung mata. Caranya sangat gampang yaitu dengan menghaluskan mentimun atau dengan cara diparut kemudian alpikasikan pada kantung mata.

3.    Menghilangkan bintik hitam

Bintik hitam pada wajah terjadi karna sengatan sinar UV yang menyebabkan kulit menjadi berbintik-bintik. Namun terkadang juga terjadi karena mengkonsumsi pil KB. Dengan menggunakan mentimun sebagai masker wajah maka secara bertahap akan mampu menghilangkan bintik hitam di wajah.

4.    Mencerahkan kulit

Menggunakan cream pemutih memang lebih cepat dari pada menggunakan bahan alami, namun bahan alami yang disediakan di alam tidak mengandung zat berbahaya yang dapat merusak kulit seperti contoh mentimun. Mentimun diyakini dapat mencerahkan kulit wajah dan membuat wajah lebih segar dan sehat. Pemakaian secara teratur dapat menjadikan kulit menjadi semakin putih bersih serta glowing. Caranya yaitu dengan menggunakan parutan mentimun atau jus mentimun yang dicampur dengan putih telur atau bisa juga dengan jeruk nipis atau lemon. Gunakan secukupnya dengan takaran 1:1.  Aplikasikan ke wajah dan tunggu hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat.

5.    Mengurangi sunburn

Untuk kamu yang bekerja di luar ruangan pasti setiap harinya akan terpapar sinar matahari. Untuk itu kamu perlu menggunakan sunblock agar kulitmu terlindungi. Sinar matahari membuat kulit menjadi terbakar sehingga kulit menjadi kemerahan dan kadang terasa gatal karena bercampur dengan polusi. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan buah mentimun dalam mengatasi kulitmu yang terbakar. Sensasi dingin dan kandungan zat penting yang terdapat dalam mentimun dapat mengurangi kemerahan dan gatal akibat terbakar sinar matahari.

Caranya yaitu dengan menghaluskan mentimun dan diaplikasikan pada kulit yang terbakar, diamkan beberapa saat maka kulitmu akan kembali normal.

6.    Mengecilkan pori-pori

Pori-pori besar seperti kulit jeruk menjadikan kulit sangat mudah kotor dan menjadikan tempat bersarangnya bakteri perusak kulit. Mentimun bisa diandalkan dalam mengatasi hal tersebut.caranya yaitu dengan mengambil air perasan mentimun kemudian dimasukkan dalam cetakan es batu. Bekukan dalam freezer lalu setelah mengeras kamu bisa mengambil secukupnya untuk memijat wajah. Sensasi dingin dari air mentimun yang mengeras tadi akan membuat pori-pori wajah menjadi mengecil dan membuat kulit menjadi halus dan lembab.

7.    Mengatasi wajah berminyak

Kulit wajah berminyak disebabkan oleh makanan, polusi dan kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari dapat memicu keluarnya minyak berlebih di wajah. Namun sebagian orang memiliki kulit berminyak karena faktor keturunan. Mentimun bisa mengatasi kulit berminyak terutama area wajah. Caranya yaitu dengan menjadikan air mentimun sebagai toner alami wajah. Aplikasikan seperti menggunakan toner biasanya dan secara bertahap akan membuat kulit wajah kulit menjadi lembab dan minyak di wajah kamu berkurang.

8.    Meremajakan kulit

Saat beranjak dewasa maka kulitpun akan berubah. Tentunya saat bertambah usia kita tidak ingin kulit kita menjadi tua pula akan tetapi tetap awet muda dan sehat. Untuk mempertahan keremajaan kulit, mentimun bisa jadi alternatif yang sangat ampuh dalam meremajakan kulit. Bagaiman tidak, mentimun merupakan salah satu bahan alami yang tidak hanya dapat menyegarkan kulit tapi juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda, kencang, sehat, bersih, dan menjaga kadar air dalam kulit. Caranya dengan mencampur parutan mentimun dengan gandum dan madu secukupnya kemudian jadikan masker favorite kamu. Gunakan sesering mungkin atau minimal 3X seminggu agar kulit senantiasa terjaga keremajaannya.

Semoga beberapa tipz di atas dapat membantu kamu dalam mengatasi permasalahan kulit. Selamat mencoba...

0 Response to "Dapatkan Kulit Cantik dengan Manfaat Alami Buah Mentimun"

Post a Comment