Manfaat Menangis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Setiap orang pasti pernah menangis, tidak tau apa yang dialaminya sehingga seseorang meneteskan air mata. Menangis setiap orang pastinya berbeda, ada yang mengeluarkan suara dan ada juga tanpa suara tapi air matanya terus mengalir.

Pada dasarnya menangis sering kali disangkutpautkan dengan kesedihan yang sedang dialami seseorang, padahal orang menangis belum tentu disebabkan oleh kesedihan ataupun masalah, banyak juga orang menangis karena merasa bahagia atau sedang dalam suasana bahagia yang membuat terharu sehingga meneteskan air mata dan tak jarang orang sering merasa nyaman setelah menangis. Pada kenyataannya tangisan dianggap dapat menenangkan hati seseorang.
 
Dari hasil penelitian yang dilakukan pada beberapa universitas ternama di luar negeri menyebutkan bahwa menangis memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.  Dan diantara manfaat tersebut adalah:

1.    Dapat membunuh bakteri

manfaat menangis untuk kecantikan dan kesehatan
menangis
Siapa sangka bahwa dengan menangis ternyata memberi manfaat luar biasa seperti dapat membunuh bakteri. Hal ini dapat terjadi karena air mata yang keluar dari mata kita mengandung cairan yang disebut Lisozom. Cairan ini dapat membunuh bakteri setidaknya hingga 95% bakteri yang tertinggal pada mata akibat aktivitas sehari-hari seperti menggunakan komputer atau yang berasal dari benda-benda lainnya.

2.    Membantu penglihatan mata

Air mata membantu penglihatan menjadi lebih terang. Hal ini terjadi karena air mata akan mencegah mata mengalami dehidrasi yang membuat mata menjadi kabur. Biasanya dengan menangis mata menjadi lebih lembab dan nyaman.

3.    Dapat mengeluarkan racun pada mata

Menurut pakar ahli biokimia Wiliam fre menyebutkan bahwa air mata yang keluar dari tangisan akibat emosional mengandung racun, maka dari itu racun yang terdapat pada mata akan dikeluarkan melalui air mata yang keluar atau yang disebut dengan tangisan. Sehingga manfaat menangis bagi kesehatan adalah dapat membuang racun yang terdapat di dalam mata.

4.    Mengurangi stres

Dalam hal ini tentu tidak sedikit orang merasakan yang namanya stres. Biasanya dengan menangis akan sedikit mengurangi beban pikiran yang dialaminya, hal ini terjadi karena air mata akan mengeluarkan hormon stres yang terdapat di dalam tubuh atau yang disebut dengan Endorpin Lysin Enkapalin, karena itulah mengapa jika memiliki masalah yang membuat kita menangis akan membuat kita menjadi lega.

5.    Meningkatkan Mood

Terkadang mood seseorang seringkali turun hingga ke level depresi, maka dari itu cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menangis. Karena dengan menangis air mata yang dihasilkan mengandung 24% protein albumin yang dapat meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

6.    Mencegah flu

Flub terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri penyebab flu dapat masuk melalui apapun seperti mata, oleh karena itu dengan menangis bakteri yang masuk ke mata akan dikeluarkan kembali bersamaan dengan mengalirnya air mata.

 Meskipun menangis memiliki banyak manfaatnya tapi bukan berati kita harus menangis terus tanpa alasan dan tidak boleh juga menangis tanpa berhenti hingga membuat mata menjadi bengkak. Menangis yang dimaksud di atas adalah menangis karena ada hal yang membuat kita bahagia, karena sedih, karena ingat dosa atau karena merasa bersalah. Menangis karena sesuatu biasanya akan membuat kita menjadi lebih lega, nyaman, dan lebih sabar dalam menghadapi masalah dan menangislah saat kamu ingin menangis.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat buat kita semua,  semoga kita semua menjadi orang yang bersukur.

0 Response to "Manfaat Menangis untuk Kecantikan dan Kesehatan"

Post a Comment