Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari dapat Membuat Jerawat Makin Parah

Wajah yang berjerawat memang sangat merepotkan, jerawat membuat wajah menjadi tidak rata dan hasil make up yang tidak menarik karena ada tonjolan-tonjolan merah di wajah yang membuat orang yang terkena jerawat menjadi stres. Jerawat terbentuk karena pori-pori kulit yang tertutup oleh sel kulit mati sehingga terbentuklah jerawat.

Jerawat menyerang siapa saja, jerawat paling sering dijumpai pada remaja yang baru mengalami masa puber dari anak-anak menjadi remaja. Saat wajah berjerawat secara spontan kita pasti akan mencari obat untuk mengobatinya, baik secara alami, obat-obatan yang dijual bebas atau berkonsultasi dengan dokter kecantikan agar jerawat di wajah kita menjadi sembuh atau hilang. Saat menggunakan obat jerawat terkadang ada obat jerawat yang sudah kita gunakan berulang-ulang namun belum juga mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan, adakah yang salah dengan obatnya?

kebiasaan buruk yang tidak disadari dapat membuat jerawat makin parah
perjuangan melawan jerawat

Sebelum memprediksikan kesalahan dari obat yang kita konsumsi atau kita gunakan, terlebih dahulu kita introspeksi diri kita sendiri, adakah kesalahan yang kita lakukan sehingga jerawat di wajah kita tidak kunjung sembuh. Berikut kebiasaan buruk yang tidak disadari dapat membuat jerawat makin parah:

1.    Menggunakan kosmetik yang salah

Penggunaan kosmetik yang salah di sini adalah pemilihan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau tidak tepat dalam pengaplikasiannya sehingga dapat menyumbat pori-pori dan terjadi penumpukan komedo. Komedo yang menumpuk akan menyebabkan terjadinya jerawat.

Untuk kulit berjerawat sebaiknnya menggunakan kosmetik khusus jerawat, kulit berminyak atau yang berlabel non-komedogenik. Kosmetik khusus jerawat lebih aman digunakan karna Ph nya sudah disesuaikan untuk kulit berjerawat, bahannya ringan dan pastinya tidak menyumbat pori-pori.

2.    Mengorek dan memencat jerawat

Kebiasaan mengorek atau memencat jerawat sebaiknya harus kamu hindari. Memencat jerawat tidak akan membuat jerawat menjadi sembuh, sebaliknya akan memperparah kondisi jerawat bahkan dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat baru. Memencat jerawat menyebabkan jaringan kulit menjadi rusak sehingga akan menyebabkan bopeng pada kulit. Keadaan seperti ini akan menjadikan wajahmu tidak rata dan mudah kotor. Jika wajahmu gampang kotor maka jerawatpun akan gampang menghinggapinya.

3.    Cara mencuci wajah yang tidak tepat

Cara pencucian wajah yang tidak tepat akan menyebabkan jerawat bermunculan lebih banyak lagi. Sebelum mencuci wajah, sebaiknya kamu bersihkan dulu sisa make up kamu dengan menggunakan make up remover atau susu pembersih baru kemudian cuci wajah dengan sabun pencuci wajah khusus jerawat.

Jangan sekali-kali kamu menggunakan sabun badan untuk wajah yang berjerawat karena ph nya bisa saja tidak sesuai. Bagi kamu yang memiliki poni sebaiknya dirapikan dulu untuk menghindari rambut terkena wajah.

4.    Rambut yang kotor

Rambut yang kotor tidak hanya menyebabkan rambut menjadi lepek dan bau, namun juga dapat memperparah jerawat kamu. Bagaimana tidak, rambut letaknya sangat dekat dengan kulit wajah, bagian rambut yang terkena wajah akan menempelkan bakteri sehingga wajah menjadi kotor. Jika wajahmu sedang dalam keadaan berjerawat maka kondisi seperti ini akan membuat jerawat menjadi semakin parah.

5.    Putus asa dengan obat jerawat

Menggunakan obat jerawat baik yang terbuat dari bahan alami ataupun obat-obatan dokter pastinya memerlukan waktu dalam proses penyembuhannya. Jangan buru-buru memprediksikan obat tersebut tidak cocok di kulitmu jika kamu baru menggunakannya. Pastikan kamu menggunakanya dulu minimal sebulan baru kamu boleh mengambil kesimpulan bahwa obat tersebut tidak cocok di kulitmu.

Perawatan wajah dengan menggunakan obat jerawat pasti memerlukan waktu sebelum menunjukkan hasil, ada baiknya kamu bersabar dan tetap tekun dalam melakukan pengobatannya. Jangan gonta ganti obat jerawat karena dapat menyebabkan ph kulit terganggu.

6.    Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Bakteri banyak sekali mengumpul di tangan, hal ini dikarenakan tangan menjadi salah satu alat yang penting dalam melakukan aktivitas. Cucilah tangan setelah melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan penumpukan bakteri atau kuman. Bakteri atau kuman yang tertempel di tangan akan menempel juga di kulit jika kamu tidak segera mencuci tanganmu.

Jika secara tidak sengaja kamu menyentuh wajah maka bakteri dari tanganmu akan menempel di wajah. Pada kondisi ini, jika wajahmu sedang berjerawat maka bakteri tersebut akan langsung menyerang jerawatmu sehingga jerawat menjadi parah. Selain itu, bakteri dan kotoran yang menempel di wajah akan menyumbat pori sehingga menyebabkan jerawat.

Hindarilah beberapa kebiasaan buruk di atas agar jerawat kamu cepat sembuh dan wajahmu bebas dari yang namanya jerawat. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari dapat Membuat Jerawat Makin Parah"

Post a Comment