Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membunuh Kita Secara Perlahan

Sehat itu adalah anugrah yang tidak dapat dibeli dengan uang. Berapapun banyak uang yang kita miliki tidak akan mampu mengembalikan kesehatan kita seperti sedia kala. Untuk itu menjaga kesehatan itu penting sekali, disamping dapat membahagiakan kita karena badan kita fress, namun juga dapat membuat wajah kita menjadi berseri karena kita akan senantiasa semangat dalam melakukan segala macam aktivitas hidup.

Berbagai macam aktivitas yang kita lakukan menguras waktu, tenaga, dan kerja otak. Untuk itu kita perlu asupan gizi yang cukup dan seimbang serta didukung dengan olah raga dan makanan yang penting untuk menjaga asupan gizi dalam tubuh tetap terjaga. Makanan 4 sehat 5 sempurna dengan porsi seimbang menjadi andalan kita dalam menjaga agar tubuh kita senantiasa sehat. Bekerja itu penting, namun kita juga harus menyisakan waktu untuk berolah raga dan liburan agar badan kita bergerak dan otak kita menjadi refress lagi.

Terkadang dalam hidup kita sering lupa ataupun memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu atau lupa melakukan sesuatu yang kita anggap sepele tapi tentu saja setiap aktivitas yang kita lakukan akan berdampak pada kesehatan kita. Kebiasaan kita yang menurut kita biasa saja tapi ternyata dapat membuat kesehatan kita jadi terganggu. Berikut beberapa kebiasaan kita sehari-hari yang dapat membunuh kita secara perlahan.

kebiasaan sehari-hari yang dapat membunuh kita secara perlahan
operasi penyakit parah

1.    Terlalu banyak makan daging

Sebagian besar orang pasti menyukai daging. Ada beribu macam olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan daging. Daging memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera, apalagi jika rempah yang digunakan juga pas dengan cita rasa mulut kamu maka akan menjadikan cita rasa daging semakin lezat.

Daging memiliki kandungan protein dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, daging yang dikonsumsi mestinya harus seimbang tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Jika daging yang dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu yang lama maka akan dapat merusak ginjal. Tingginya kandungan protein dalam daging akan meningkatkan beban kerja ginjal.

2.    Menahan kencing

Saat-saat tertentu seperti dalam perjalanan, sedang meeting, ataupun sedang asik berbelanja kita sering kali menahan kencing. Kebiasaan kita seperti itu mungkin sepele, namun pernahkan kamu mencari tahu dampak dari kebiasaan tersebut untuk kesehatanmu?

Kebiasaan menahan kencing tidak akan merusak kesehatan kamu jika hanya sekali seumur hidup kamu melakukannya. Akan tetapi jika terlalu sering kamu melakukannya maka kebiasaan tersebut akan menyebabkan bakteri akan berkembang biak dan menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih, uremia, dan nefritis.

Untuk menghindari penyakit itu maka kamu harus selalu buang air kecil saat kamu sudah merasa ingin membuangnya.  Saat kencing kita membuang racun dari dalam tubuh.

3.    Mengkonsumsi gula secara berlebihan

Gula penting untuk dikonsumsi karena gula bermanfaat untuk meningkatkan energi secara cepat, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otak dll. Meskipun banyaknya manfaat dari gula namun gula juga sangat berbahaya bagi kesehatan kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Kelebihan gula dalam tubuh dapat merusak jantung, lemak pada perut, diabetes dll.

4.    Mengkonsumsi minuman beralkohol

Semua pasti tahu bahwa minuman beralkohol dapat membahayakan kesehatan. Gejala bahaya yang ditimbulkan awalnya yaitu mulut terasa kering, jantung berdegup lebih kencang, mual, sulit bernafas dan sering buang air kecil. Efek yang ditimbulkan berbeda-beda tergantung dari kadar alkohol yang terdapat dalam minuman tersebut.

Jika minuman beralkohol diminum terlalu banyak dan terlalu sering maka bahaya yang ditimbulkan semakin besar seperti lever membengkak, kerusakan otak, mempercepat monopouse, nyeri saat haid ( bagi wanita ), cacat pada janin, dan masih banyak lagi penyakit mematikan yang ditimbulkan oleh minuman tersebut.

5.    Kurang tidur

Sebagian orang mungkin tidak percaya bahwa kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Setelah seharian beraktivitas tubuh dan seluruh jaringan serta sistem kerja tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat untuk memulihkan kembali tenaga yang hilang. Kurang tidur terlihat sangat sepele namun tahukah kamu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita, gangguan kemampuan belajar, menyebabkan kecelakaan lalu lintas ( karna akan mengantuk siang harinya pada saat berkendara ), dan masih banyak lagi bahaya yang ditimbulkan oleh kebiasaan tersebut.

6.    Kurang minum air putih

Minum air putih minimal 8 gelas per hari dapat mencukupi kenutuhan air harian kamu, porsinya bisa di tambah jika kamu melakukan kegiatan yang membuat kamu terus haus sehingga kamu harus mengkonsumsi air lebih banyak lagi. Air berguna untuk sirkulasi darah dan untuk membuang racun dari dalam tubuh. Tahukah kamu bahwa mengkonsumsi  air putih itu tidak hanya menyehatkan, namun juga membuat kamu akan awet muda.

Jadi, cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk diatas untuk mencegah dari penyakit yang membahayakan kesehatanmu. Mencegah lebih baik dari mengobati. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membunuh Kita Secara Perlahan"

Post a Comment