Pandangan Islam tentang Riasan Mata dan Bahaya yang Ditimbulkannya

Mata merupakan sumber kecantikan wanita. Seperti yang kita ketahui, mata merupakan salah satu panca indra yang memiliki peranan penting dalam penglihatan seseorang. Bagi wanita, memiliki mata cantik dan indah menjadi sesuatu yang harus diprioritaskan. Bagaimana tidak, jika seseorang memiliki mata yang indah maka akan menambah kecantikannya dan menambah kepercayaan dirinya sehingga banyak wanita yang mempercantik matanya dengan berbagai riasan disekitar mata agar mata tersebut terlihat lebih indah dan mempesonan. Apa saja riasan tersebut ? serta apa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya? Berikut pemaparannya:

1.    Bulu mata palsu

Biasanya dalam memakai bulu mata palsu para wanita bisa melakukannya dengan 3 cara :
  • Memakai bulu mata palsu sekali pakai  yang hanya dipakai dengan menggunakan lem kebulu mata asli.
  • Bulu mata extensi yaitu bulu mata palsu semi permanen yang dipakai dengan menggunakan lem yang lebih kuat dimana bulu mata ini dapat bertahan dalam waktu beberapa bulan. Bulu mata ini akan copot bersamaan dengan gugurnya bulu mata asli.
  • Bulu mata transplantasi yaitu bulu mata yang ditanam dan hanya dapat dikerjakan oleh dokter spesialis.

Namun yang harus diingat, jika tidak digunakan dengan tepat benda yang seharusnya mempercantik ini justru dapat berdampak buruk seperti terjadi iritasi, infeksi, serta berdampak pada gangguan penglihatan. Untuk kamu yang beragama islam memakai bulu mata palsu baik yang berbahan rambut asli ataupun sintetis yaitu bukan dari rambut asli tetap saja hukum pemakaiannya adalah makruh.

“ Allah melaknat orang yang menyambung rambut dan melaknat pula orang yang minta disambungkan” (HR. Mutafaq’alaih)

pandangan islam tentang riasan mata dan bahaya yang ditimbulkannya
Mata

2.    Mascara

Maskara sering dipakai para wanita untuk membuat bulu mata lebih lentik, tebal dan panjang. Mascara memiliki beberapa jenis yaitu :
  • Mascara biasa, mascara jenis ini biasanya lebih murah namun jarang diminati karena hasilnya tidak tahan lama dan apabila terkena air akan membuat area kulit sekitar mata menjadi hitam.
  • Mascara waterproof yaitu mascara yang menjadi andalan para wanita karena tahan lama dan tidak mudah luntur meskipun terkena air. Namun yang harus diingat, menggunakan mascara secara berlebihan dan terus menerus juga akan menimbulkan efek samping bagi bulu mata itu sendiri seperti dapat merontokan bulu mata, menyebabkan gatal dan kering pada kulit kelopak mata, hingga menyebabkan infeksi dan terjadinya peradangan pada mata.

Dalam hal ini, jika kita ingin bulu mata yang lentik, tebal dan panjang hanya cukup menggunakan minyak zaitun ataupun minyak kelapa  yang menjadi alternatif untuk membuat bulu mata terlihat lebih sempurna. Bahan alami ini sangat bagus di aplikasikan ke mata karena tidak menimbulkan efek samping saat menggunakannya.

3.    Eyeliner

Riasan mata yang satu ini tentunya menjadi kegemaran wanita karena memiliki fungsi yang dapat membuat mata lebih tajam dan tegas. Eyeliner yang beredar saat ini terdiri dari beberapa jenis bentuknya seperti :
  • Eyeliner pensil yang tidak tahan lama dan gampang terhapus apabila terkena air.
  • Eyeliner liquid memiliki warna hitam yang pekat, eyeliner ini dapat tahan lama tidak akan luntur kecuali bila terkena air.
  • Eyeliner waterproof yaitu eyeliner yang tahan lama dan tidak akan luntur meskipun terkena air.

Dalam islam jika ada seseorang yang memakai eyeliner waterproof, maka pemakaian jenis ini tentu dapat membuat seseorang tidak dapat berwudhu dengan sempurna karena air yang dibasuh untuk mencuci muka akan terhalangi dan tidak dapat mengenai mata yang diolesi eyeliner tersebut. Dengan kata lain wudhu orang yang memakai eyeliner wateproof tidak akan sah.

Namun berbeda halnya dengan celak mata yang digunakan pada zaman Rasulallah SAW yaitu celak mata terbaik bernama itsmid yang berasal dari batu celak berwarna hitam agak kemerahan. Tidak seperti eyeliner biasanya yang hanya berfungsi untuk mempertajam dan mempertegas mata,  celak yang bernama itsmid memiliki fungsi lebih dari pada itu yaitu dapat menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu mata.

Hadist nabi Muhammad SAW yang artinya:
“ sebaik-baik celak kalian adalah itsmid, ia menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu mata”
( HR.Abu Daud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

4.    Softlens

Lensa kontak atau yang biasa kita sebutkan dengan sebutan softlens ini tentu memiliki peranan penting bagi sebagian wanita yang memakainya karena tidak hanya membantu dalam penglihatan, soflens juga membantu memperindah mata dengan warna-warnanya yang begitu menarik. Tidak dapat dipungkiri masih ada sebagian wanita yang memakai softlens hanya untuk mengikuti tren saja.

Padahal yang perlu diketahui dengan memakai softlens secara terus-menerus dan tidak sesuai dengan prosedur yang ada maka akan menimbulkan efek samping pada mata yang diantaranya adalah dapat mengalami penyakit mata seperti gatal-gatal, terdapat noda kornea atau kornea edema dan infeksi pada mata yang dimana dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan kebutaan pada mata.
Tidak ada salahnya jika kita ingin berias. Berhiaslah dengan batas yang wajar dan janganlah berhias untuk diperlihatkan kepada selain muhrim. Seperti firman Allah SWT yang artinya:

“ dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu...” ( QS. AL-AHZAB:33).

Semoga pemaparan tadi bermanfaat bagi kita dan menambah wawasan kita dalam menjalani hidup serta dalam berhias diri.

0 Response to "Pandangan Islam tentang Riasan Mata dan Bahaya yang Ditimbulkannya"

Post a Comment