Penyebab Wanita Memilki Kumis dan Berbulu Tebal

Bulu merupakan rambut yang halus dan tipis yang tumbuh di area lain yang bukan di kepala seperti di atas bibir yang dinamakan kumis, di bawah bibir yang namanya jenggot, di pipi namannya jambang, di dada namanya bulu dada, di kaki atau betis namanya bulu kaki, dan di temapat-tempat lain yang semua orang pasti memilikinya.

Tumbuhnya bulu antara pria dan wanita berbeda, misalnya pria memilki jambang tapi wanita tidak, bulu yang tumbuh pada pria berbeda tingkat lebatnya dari wanita. biasanya bulu yang tumbuh pada wanita lebih halus dan tipis misalnya bulu kumis pada wanita tidak lebat seperti pada pria. Kumis wanita lebih halus dan kadang tidak terlihat.

Namun berbeda halnya dengan sebagian wanita, ada sebagian wanita memiliki bulu atau rambut yang hampir sama dengan pria. Bulu atau rambut tersebut membuat para wanita menjadi kurang pede sehingga akan sangat mengganggu penampilan. Dalam keadaan seperti ini banyak wanita yang menggunakan jasa salon untuk membersihkan bulu yang berlebihan di tempat-tempat yang tidak diinginkan.

Ternyata tumbuhnya bulu atau rambutyang berlebihan pada wanita disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

 

penyebab wanita memiliki kumis dan berbulu tebal
Bulu yang berlebihan

1.    Hirsutisme

Hirsutisme adalah sebuah kondisi ketika rambut wanita tumbuh secara berlebihan, paling sering di area dagu atau di atas bibir. Dalam beberapa kasus, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dapat meluas ke bagian tubuh lainnya seperti jambang, dada dan punggung. Bila dibandingkan dengan bulu-bulu halus pada umumnya, hirsutisme mengakibatkan pertumbuhan rambut jadi lebih kaku, kasar dan berwarna gelap.

2.    Hiperlasia Adrenal Kogenital

Hiperlasia adrenal kogenital adalah kelainan bawaan lahir yang disebabkan karena produksi hormon kortisol dan aldosterone sangat berlebihan, sedikit, atau tidak ada sama sekali. Seseorang yang punya penyakit ini akan mengalami gangguan pada metabolisme, daya tahan tubuh, hormon reproduksi, dan tekanan darah. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan tumbuh kumis tebal pada wanita.

3.    Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah penyebab paling umum mengapa seorang wanita bisa memiliki kumis tebal. Kondisi ini terjadi ketika kadar hormon estrogen dan hormon progresteron pada wanita tidak seimbang. Akibatnya, seorang wanita lebih mungkin untuk mengalami menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan, jerawat dan obesitas.

4.    Sindrom Cushing

Sindrom cushing terjadi ketika kelenjar adrenal menghasilkan hormon kortisol yang tidak normal. Hormon kortisol yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sistem tubuh lainnya, seperti kenaikan gula darah, penumpukan lemak disekitar pinggang dan punggung atas, siklus menstruasi tidak teratur, serta petumbuhan rambut pada wajah dan tubuh yang lebih tebal dari biasanya.

5.    Tumor

Pembentukan tumor di kelenjar adrenal atau ovarium dapat merangsang kelebihan produksi hormon testosteron pada wanita. hal inilah yang bisa menyebabkan wanita punya kumis tebal. American Academy of Family Physicians menyarankan untuk setiap wanita yang tiba-tiba mengalami pertumbuhan rambut berlebihan di area wajah, menstruasi tidak teratur dan suara menjadi lebih berat agar segera berkonsultasi ke Dokter.

Itulah beberapa penyebab wanita memilki kumis dan berbulu tebal, setiap terjadi kelainan pada tubuh yang tidak didasari pada kebiasaan umumnya harus diwaspadai dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Meski tidak semua mengandung unsur penyakit namun tidak ada salahnya untuk kita selalu waspada dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga pemaparan di atas bermanfaat...

0 Response to "Penyebab Wanita Memilki Kumis dan Berbulu Tebal"

Post a Comment