Bahaya dari Penggunaan Softlens bagi Mata

Pada dasarnya manusia memiliki bentuk dan wajah yang berbeda. Perbedaan tersebut yang membuat manusia itu cantik dan indah di pandang mata. Begitu juga dengan mata, mata dari satu bangsa ke bangsa yang lain memilki perbedaan dari warna mata itu sendiri. Perbedaan tersebut menyebabkan manusia menjadi lebih unik dan cantik. Warna mata juga sebagai identitas diri, meskipun tidak selalu tepat namun kita bisa mengenal warga negara seseorang dari warna mata mereka.

Zaman modern saat ini banyak sekali tipuan tekhnologi yang bisa mengubah seseorang menjadi orang lain sehingga saat sulit untuk mengenali mereka. Contohnya mata, seseorang bisa menjadi orang lain hanya dengan penggunaan softlens pada mata. Jika ingin terlihat seperti orang bule, kita hanya perlu membeli softlens dengan warna yang kita inginkan. Selain itu softlens juga bisa mempercantik wajah, menggunakan softlens bisa membuat seseorang terlihat seperti boneka hidup. Softlens juga solusi bagi orang yang memiliki mata rabun sehingga tidak perlu menggunakan kaca mata lagi.

Meskipun ada banyak manfaat  menggunakan softlens, akan tetapi bukan tidak mungkin softlens itu sendiri juga memiliki bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kesalahan dalam menggunakan atau membelinya. Seharusnya sebelum menggunakan softlens sebaiknya kita berkonsultasi dulu dengan dokter mata atau setidaknya jangan tergiur dengan softlens dengan harga murah karena bisa saja bahan yang digunakan untuk membuat softlens tersebut akan tidak cocok dengan mata atau akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

bahaya dari penggunaan softlens bagi mata
mata

Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan softlens bagi mata:

 

1.    Mengurangi asupan oksigen

Bahaya softlens yang pertama adalah dapat mengurangi asupan oksigen ke kornea. Kondisi ini disebut dengan hipoksia kornea. Hal ini tentunya tidak baik karena kornea membutuhkan asupan oksigen dari udara secara langsung untuk dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

2.    Mata kering

Penggunaan softlens juga beresiko membuat mata menjadi kering. Mata secara alami memproduksi air mata yang akan menjaga mata tetap lembab. Softlens memiliki sifat menyerap cairan di mata sehingga brpotensi menyebabkan mata menjdi kering. Jika hal ini terjadi maka akan timbul rasa gatal, panas, dan mata menjadi merah.

3.    Iritasi atau infeksi

Kondisi yang lebih serius dari mata kering akibat bahaya softlens adalah terjadinya iritasi maupun infeksi. Gejala yang timbul akibat iritasi atau infeksi mata adalah seperti rasa tidak nyaman, mata lebih sensitif terhadap cahaya, gatal, kemerahan, pembengkakan, penglihatan kabur, dan timbul rasa nyeri pada mata.

4.    Alergi

Bahaya softlens selanjutnya adalah dapat menimbulkan reaksi alergi. Hal ini terjadi akibat ketidakcocokan dengan bahan softlens. Jika timbul rasa tidak nyaman atau rasa gatal saat menggunakan softlens, sebaiknya hentikan pemakaian dan konsultasi dengan dokter mata. Gejala alergi yang mungkin timbul seperti mata berair, gatal, dan mata memerah.

5.    Kebutaan

Akibat yang paling fatal dari bahaya menggunakan softlens adalah dapat menyebabkan kebutaan. Hal ini terjadi jika infeksi yang terjadi terlambat untuk ditangani atau tidak mendapat penanganan yang tepat. Maka dari itu jika muncul rasa tidak nyaman saat menggunakan softlens, segera hentikan pemakaian dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki, warna mata kita menjadi identitas kita sendiri. Menggunakan kaca mata memang terkesan kurang kece, namun setidaknya menggunakan kaca mata akan menjauhkan kamu dari rusaknya kornea mata, kamu bisa memilih kaca mata yang sesuai dengan wajah kamu sehingga akan membuat mata kamu menjadi lebih cantik. Akan tetapi jika kamu sangat ingin menggunakan softlens, sebaiknya belilah softlens dengan kwalitas yang baik dan konsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan softlens jenis apa yang cocok untuk mata indahmu. Kecantikan dan kesehatan tergantung dari keputusanmu. Jika salah dalam memilih suatu hal maka akan dapat merusak kecantikan dan kesehatanmu dikemudian hari.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat...

0 Response to "Bahaya dari Penggunaan Softlens bagi Mata"

Post a Comment