Cara Cepat, Murah dan Mudah Ribonding atau Smooting Di Rumah

Ribonding atau smooting merupakan proses pelurusan rambut dengan menggunakan bahan kimia khusus rambut dengan tujuan agar rambutnya menjadi lurus, lembut dan mudah diatur. Ribonding atau smooting biasanya dilakukan di salon-salon kecantikan yang ditangani oleh orang ahli dibidangnya. Sebagian orang yang tidak puas dengan kondisi rambutnya biasanya melakukan ribonding atau smooting agar rambutnya menjadi indah seperti rambut bintang iklan.

Ribonding atau smooting membutuhkan biaya hingga ratusan bahkan jutaan tergantung dimana kita melakukannya. Selain itu setelah kita melakukan ribonding atau smooting, kita juga harus merawatnya dengan menggunakan produk-produk khusus rambut dengan tujuan agar rambut tidak mudah kembali kebentuk semula atau agar rambut tidak menjadi rusak.

Tentu saja tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk melakukan perawatan rambut tersebut, meskipun ada rasa ingin rambutnya lurus dan indah namun keterbatasan ekonomi menjadi kendala seseorang untuk melakukannya . tapi tahukah kamu bahwa ribonding atau smoooting rambut bisa dilakukan di rumah? Selain murah dan mudah, ribonding atau smooting rambut di rumah juga mendapatkan hasil yang tidak kalah bagusnya dengan salon-salon kecantikan lainnya. Ini dia caranya:

cara cepat, murah dan mudah ribonding atau smooting di rumah
mencatok rambut sendiri

Pertama kali yang harus kamu siapakan adalah obat ribonding atau smooting yang bisa kamu beli di toko kosmetik, merk yang kamu beli bisa apa saja seperti merk makarezo, kiranti, metriks atau merk lainnya yang kamu sukai dan yang sesuai dengan tingkat keritingnya rambut kamu. Harganya biasanya hanya puluhan ribu saja tergantung dimana kamu membelinya. Kalau merk makarezo, biasanya beli satu paket sudah ada step 1, step 2, shampo dan conditionernya. Kamu bisa mengikuti petunjuk penggunaanya dengan membaca struk yang ada dalam kotak produk atau dibelakang produk.

Cara melakukanya yaitu :

  • cuci dulu rambut dengan menggunakan shampo apa saja, cuci hingga bersih tapi jangan gunakan conditioner atau creambat, hanya shampo saja.
  • Setelah itu keringkan rambut dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin hingga setengah kering kemudian semprotkan anti friz ( kalau tidak ada boleh tidak pakai).
  • Aplikasikan step 1 pada rambut sedikit demi sedikit hingga merata dengan menggunakan sisir. Usahakan tidak terkena kulit kepala dan jangan ditekan rambutnya. Aplikasikan pada rambut ½ cm dari akar rambut.
  • Setelah merata biarkan atau diamkan selama 45 menit. Jika sudah 30 menit cek rambut dan lakukan smooting dengan mengambil sedikit demi sedikit rambut dan lakukan gerakan menarik dengan jari telunjuk dan jari tengah ( dalam produk ada cara melakukan smooting ).
  • Setelah selesai melakukan gerakan smooting, lalu cuci rambut dengan mengunakan air hangat ( boleh juga dengan air biasa) tapi jangan menggunakan shampo atau lainnya.
  • Setelah dicuci kemudian keringkan kembali rambut kamu dan lakukan pencatokan rambut dengan menggunakan catokan rambut atau bisa juga dengan menggunakan setrika ( hahaha... cara ini kalau kamu tidak punya catokan yaitu dengan memanaskan setrika dengan suhu medium kemudian setrikan rambut kamu sedikit demi sedikit dengan terlebih dulu memberikan alas di bawah rambut dengan menggunakan lipatan kain ) jika tidak bisa melakukan sendiri bisa minta tolong sama saudara atau teman.
  • Setelah selesai dicatok semua baru kemudian lakukan pendinginan dengan mengaplikasikan step 2, aplikasikan step 2 ke rambut seperti mengaplikasikan step 1.
  • Setelah merata diamkan hingga 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih hanya dengan menggunakan conditioner tanpa shampo.
  • Kemudian keringkan dan lakukan pencatokan kembali, jangan mencuci rambut atau mengikat rambut dengan kencang selama 3 hari.
  • Setelah 3 hari boleh dicuci dengan menggunakan shampo dan conditioner agar rambut menjadi bersih dan lembut tapi tidak boleh melakukan pencatokan lagi karena biasanya rambut sudah lurus.

Setelah melakukan ribonding atau smooting di rumah, biasanya akan bertahan hingga rambut baru tumbuh atau sekitar 6 bulan. Namun hasil setiap orang berbeda dan juga jika kamu melakukan perawatan lain seperti rajin melakukan creambath atau rajin mengaplikasikan vitamin rambut, maka akan bertahan lebih lama lagi bahkan hingga bertahun.

Cuci rambut 2 hari sekali dan lakukan creambath minimal seminggu sekali. Creambath bisa dilakukan di rumah dengan membeli creambath saset dengan harga 10 ribu. 1 saset bisa kamu gunakan 3X creambath tergantung tingkat kelebatan rambut ( murah sekali kan ?).

Cara melakukan ribonding atau smooting di rumah seperti petunjuk di atas biasanya jarang sekali gagal. Yang terpenting ikuti petunjuk yang di atas atau yang tertulis dibelakang produk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

0 Response to "Cara Cepat, Murah dan Mudah Ribonding atau Smooting Di Rumah"

Post a Comment