Solusi Cemilan untuk Menghindari Kegemukan

Saat menjalani diet kebanyakan dan hampir semua orang menjauhkan diri dari yang namanya cemilan. Hal tersebut terjadi karena banyak yang berpendapat bahwa cemilan menyebabkan berat badan bertambah dan terjadi kegemukan. Meskipun hal tersebut adalah sebuah fakta, namun yang harus digaris bawahi adalah tidak semua cemilan menyebabkan badan menjadi gemuk.

Berbagai macam tipe dan jenis diet bahkan kita mempunyai keinginan sendiri untuk menciptakan tubuh yang sesuai dengan yang kita inginkan dan yang sangat memprihatinkan adalah kita sampai mengurangi kebutuhan karbohidrat harian kita. Keadaan seperti ini akan berdampak pada kesehatan kita hari ini dan kemudian hari. Untuk menciptakan tubuh yang sehat dan ideal jangan skip sarapannya.

Ada juga sebagian orang saat menjalani diet tidak hanya mengurangi namun juga mengganti nasi dengan kentang. Menunda-nunda waktu makan, dan tidak makan sama sekali karena takut berat badan menjadi bertambah. Sebenarnya hal itu malah menyebabkan tubuh kita kekurangan nutrisi sehingga akan menimbulkan penyakit yang lain seperti penyakit lambung, badan menjadi lemah karena kekurangan kalori dan penyakit lain yang akan timbul jika hal tersebut terjadi dalam jangka panjang.

solusi cemilan untuk menghindari kegemukan
cemilan


Selain mengatur asupan kalori ternyata ada salah satu lagi jenis atau pola diet yang cukup efektif yaitu dengan memperhatikan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukan kemampuan dari suatu porsi makanan untuk menaikkan atau menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan standar yang mengandung tepung dan gula akan meningkatkan kadar gula lebih tinggi.

Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, akan menimbulkan tsunami gula darah, akan mudah lapar dan naik turun gula darah.indeks glikemik tinggi di atas 70, Indeks glikemik rendah 0-55. Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah akan terasa kenyang lebih lama.

Contoh makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti roti tawar biasa dan Kentang rebus, contoh makanan yang memiliki indeks glikemik rendah roti  gandum, kentang goreng ( meskipun rendah namun tidak dianjurkan karena memiliki Fat atau lemak yang tinggi dan lemak dalam kentang goreng termasuk lemak jahat). Untuk memilih beberapa cemilan sehat dan menghindari kegemukan, selain memperhatikan indeks glikemik yang rendah juga harus mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi bisa didapatkan dari kacaang-kacangan dan kedelai. Kacang-kacangan dan kedelai memiliki serat yang cukup tinggi sehingga dia mampu menurunkan nilai indeks glikemik makanan. Cemilan yang  berbahan baku kedelai kaya akan protein dan serat. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi dan memperhatikan indeks glikemik rendah. Cara ini tidak hanya sehat namun juga sangat baik untuk penderita diabetes.

Jika sudah memutuskan untuk diet maka yang harus dilakukan pertama adalah pola makan yang teratur, makan tidak boleh telat, tidak boleh lupa sarapan, porsi makan dukurangi, cemilan yang tinggi serat, perbanyak minum air putih, dan cobalah untuk berpuasa minimal 2X seminggu. Berpuasa tidak hanya dapat menjaga tubuh tetap ideal namun juga sebagai detox racun dalam tubuh.

Semoga tips dan informasi diatas bermanfaat...

0 Response to "Solusi Cemilan untuk Menghindari Kegemukan "

Post a Comment