Cara Pintar Memilih Cream Pemutih yang Baik dan Benar

Akhir-akhir ini para wanita berlomba-lomba dalam memutihkan kulit khususnya kulit wajah. Mereka beranggapan bahwa kulit putih merupakan salah satu ciri dari wanita cantik dengan kata lain wanita yang memilki kulit yang hitam dan kusam bukanlah wanita yang cantik. Padahal hat tersebut sangat keliru karena cantik yang sebenarnya bukanlah dilihat dari warna kulit.

Merkipun cantik itu tidak harus memiliki kulit yang putih, namun tidak ada salahnya jika kita ingin memutihkan kulit atau ingin kulit kita terlihat lebih cerah. Kulit cerah membuat penampilan kita menjadi lebih percaya diri dan terlihat lebih bersih. Memilki kulit yang cerah akan memudahkan kita dalam memilih warna baju karena saat dipakai akan terlihat cocok di kulit.

Kulit yang putih atau cerah bisa kita dapatkan dengan cara alami, meskipun cara alami memerlukan kesabaran dan waktu yang sedikit lama namun cara alami tidak mengandung efek samping dari zat berbahaya yang dapat merusak kulit. Ada juga yang memutihkan kulit dengan cara yang cepat yaitu dengan menggunakan cream pemutih kulit yang dapat menjamin kulit putih dalam sekejap. Cream pemutih biasanya lebih menggiurkan karena tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan kulit putih dan cantik.

Cream pemutih memang sangat ampuh dalam memutihkan kulit akan tetapi sebagai konsumen yang pintar kita jangan hanya melihat hasilnya saja namun juga harus teliti dalam memilih cream pemutih agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kulit. Saat ini banyak cream pemutih yang beredar tidak memberi jaminan yang pasti tentang keamanan cream tersebut untuk kulit kita.

cara pintar memilih cream pemutih yang baik dan benar
wanita dengan kulit putih

Berikut cara yang bisa kita gunakan dalam memilih cream pemutih yang baik  dan benar:


1.    Ingredient

Sebelum kita membeli cream pemutih cek dulu cream tersebut dengan teliti. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan melihat ingredient dari produk tersebut. Melihat ingredient itu penting yaitu untuk menghindari dari terdapatnya zat berbahaya bagi kulit atau unsur tertentu yang tidak cocok untuk jenis kulit tertentu atau untuk kulit yang alergi.

2.    Merk

Cek merk dari produk pemutih yang akan kita gunakan. Ada beberapa cream pemutih yang tidak mencantumkan merk dari produk tersebut. Hal ini harus diwaspadai karena produser yang memproduksi cream pemutih tersebut tidak bekerja totalitas dalam menjaga produk yang mereka buat.

3.    Masa berlaku

Pernahkah kamu menemukan cream pemutih yang tidak mencantumkan masa berlakunya ?  ini menjadi hal yang sangat penting saat kamu membeli cream pemutih di toko kosmetik. Masa berlaku suatu produk harus jelas dari sejak kapan dibuat dan sampai kapan bisa digunakan. Jika kamu menemukan produk yang tidak memiliki masa berlaku yang tidak jelas maka waspadai produk tersebut dan sebaiknya tidak digunakan.

4.    Halal

Jangan melihat produk pemutih atau cream pemutih dari hasil yang kamu dapatkan, namun lihat juga tingkat kehalalan produk tersebut. Bagi orang muslim, menggunakan produk yang tidak halal sangat dilarang karena produk yang tidak halal biasanya ada kandungan tertentu yang akan merusak kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

5.    BPOM

Pastikan cream pemutih yang kamu pilih dan kamu gunakan memiliki ijin edar dari BPOM. Cara ini agar kita terhidar dari produk-produk oplosan yang merusak kulit. Namun meskipun sudah memiliki nomor BPOM, kita juga tidak boleh langsung percaya karena bisa saja hanya manipulasi. Sebaiknya cek dulu keaslian BPOM tersebut dengan benar. Baca cara cek di BPOM di artikel “ waspadai kosmetik oplosan...”.

6.    Jenis kulit

Maksudnya di sini adalah biasanya cream pemutih menuliskan dengan jelas di kemasan produk pemutih tentang jenis kulit yang cocok untuk cream tersebut atau jenis kulit apa yang akan bisa diputihkan. Seperti contoh cream pemutih merk X untuk kulit kering atau cream pemutih merk Y untuk kulit berjerawat. Sangat jelas sehingga kita bisa menentukan cream mana yang cocok dengan jenis kulit kita. Jika kamu menemukan cream pemutih dengan merk tertentu yang tidak mencantumkannya, sebaiknya waspadai karena bisa saja cream tersebut tidak cocok untuk jenis kulit kamu.

7.    Cara menggunakannya

Cream pemutih yang baik dan benar biasanya mencantumkan cara menggunakan cream tersebut. Hal ini karena cara menggunakan juga merupakan hal yang penting bagi konsumen. Jika konsumen merupakan orang yang belum pernah menggunakannya maka ditakutkan akan terjadi kesalahan dalam menggunakannya. Contohnya penggunaan cream pemutih biasanya terdiri dari siang dan malam. Cream malam tidak boleh digunakan saat siang hari karena efek memutihkan dari cream tersebut tidak akan bekerja dan malah akan membuat kulit menjadi lebih hitam.

7 hal di atas merupakan cara paling dasar untuk mengetahui produk pemutih yang baik, benar dan aman buat kulit. Produser cream pemutih yang baik biasanya akan menjaga kwalitas produk mereka dengan memberikan keamanan dan selalu menjaga produk mereka dari hal-hal yang dapat merusak citra dari produk tersebut.

Semoga kita bisa menjadi konsumen yang pintar yang tidak hanya melihat hasil namun juga keamanan untuk kita agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Pintar Memilih Cream Pemutih yang Baik dan Benar"

Post a Comment