Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna Alaminya

Buah dan sayuran memiliki banyak warna, ada warnanya sama dan ada yang berbeda satu sama lain. Warna dari buah dan sayuran tersebut menjadi daya tarik tersendiri sehingga buah dan sayuran tersebut terlihat indah dan cantik. Berbagai jenis warna buah dan sayur tidak hanya mempengarugi nafsu makan,tetapi juga menunjukkan kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari masing-masing warnanya.

Untuk mengetahui kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari buah dan sayuran berdasarkan warna alaminya, berikut pemaparannya:


Merah

Buah dan sayuran yang berwarna merah seperti cabe, tomat, anggur atau semangka. Manfaat dari cabe yaitu mampu mencegah rasa lapar, membakar kalori dan meredakan rasa sakit. Tomat mengandung likopen yang membantu untuk resiko saluran kemih dan mengurangi terkena resiko kanker prostat, khasiat likopen akan semakin bertambah jika tomat sudah diolah (tumis, kukus atau rebus). Semangka dapat mengurangi rasa haus, karena buah ini 90% mengandung air dan sisanya gula dan serat. Anggur mengandung resveratrol, khasiatnya akan bertambah dengan memakan biji anggur yang telah digigit karena biji anggur mengandung zat anti kanker, menjaga kesehatan pembuluh darah, mencegah inflamasi sehingga bermanfaat bagi tubuh.

manfaat buah dan sayuran berdasarkan warna alaminya
Buah dan Sayuran

Putih

Buah atau sayur berwarna putih seperti kol, bawang putih, touge dll. Buah sayur putih mengandung flavonoid yaitu zat anti kanker. Dalam bawang mengandung zat anti tumor, anti bakteri dan dapat menjaga daya tahan tubuh.

Orange

Buah dan sayur berwarna orange yaitu seperti pepaya, kunyit, kaboca, wortel dan jeruk. Buah atau sayur yang berwarna orange mengandung betakarotin. Buah atau sayur yang berwarna orange juga mengandung antioksidan yang tinggi dan merangsang perkembangan sel. Kunyit membantu menghilangkan inflamasi atau pembengkakan dan mencegah dari pengaruh buruk makanan-makanan yang berlemak. Pepaya memiliki vitamin yang tinggi dan kriptoxantin tinggi untuk kesehatan mata dan tulang dan juga perkembangan sel. wortel baik untuk perkembangan retina mata. Kaboca mengandung vitamin C dan betakaroten yang ampuh mengurangi serangan asma. Jeruk mengandung hesperidin yang bersifat antioksidan.

Kuning

Buah dan sayuran yang berwarna kuning seperti nanas, lemon, jagung dan lain-lain. Nanas sering direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang mejalani diet, nanas mengandung enzim bromelain yang dapat menjaga kesehatan jantung. Lemon mengandung limonoids yang tinggi yaitu di kulitnya dan vitamin C sehingga baik jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Jagung mengandung lutein yaitu zat yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel pada mata khususnya, sehingga dapat menyehatkan mata.

Hijau

Sayuran atau buah yang berwarna hijau mengandung klorofil dan tinggi zat besi untuk membantu merangsang pembentukan sel darah merah. Bayam, seledri, brokoli mengandung apigenin yang bisa mencegah Alzheimer. Alzheimer merupakan sejenis penyakit sindrom dengan apoptosis sel-sel otak (sangat baik dikonsumsi untuk orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas).

Ungu

Sayuran atau buah yang berwarna ungun seperti terong, kol ungu, berry dan lain-lain yang berwarna ungu. Terong baik untuk meningkatkan funsi otak dan menurunkan resiko stroke, penyakit jantung. Kembang kol ungu mengandung indol yaitu untuk memperlambat atau menghambat metabolisme dari makanan-makanan penyebab kanker. Berry berwarna ungu mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat mencegah sariawan, selain itu juga dapat menyehatkan mata karena mengandung vitamin A.

Mengkonsumsi makanan segar dengan berbagai warna alami lebih baik dari pada hanya mengkonsumsi satu jenis makanan dengan warna tertentu agar khasiat dari semua jenis makanan dapat masuk ke tubuh dan menyehatkan tubuh.

Sayuran dan buah-buahan di atas juga sangat baik untuk kulit karena dapat meremajakan kulit, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari buah dan sayuran tersebut. Cara memanfaatkannya bisa dengan mengkonsumsi atau menjadikanya sebagai masker wajah.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna Alaminya"

Post a Comment