30 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan Luar Dalam

Jeruk nipis selain mudah didapat, dia juga murah dan memiliki sejuta manfaat yang luar biasa. Sebagian besar manfaat jeruk nipis sudah menjadi rahasia umum. Ditambah lagi manfaat lain yang banyak digunakan oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Berikut 30 manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan luar dan dalam.

1.    Membantu mengangkat sel kulit mati

Caranya dengan menggunakan air jeruk nipis murni dan aplikasikan ke wajah dengan bantuan kapas.

2.    Membantu membersihkan komedo

Gosoklah jeruk nipis pada bagian kulit wajah yang berkomedo kemudian biarkan semalaman. Lakukan rutin untuk hasil maksimal.

3.    Mengobati ambeien

Akar pohon jeruk nipis dicuci bersih sebanyak 10 gram direbus dengan air 1 liter selama 30 menit. Kemudian disaring dan diminum hangat-hangat 3X sehari.

4.    Mengobati amandel

Ambli Kulit jeruk nipis sebanyak 3 buah kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa ¾ nya. Saring airnya dan gunakan untuk berkumur 3-4 X sehari.

5.    Mengobati anyang-anyangan

Dua buah jeruk nipis diperas kemudian dicampur dengan 1 gelas air panas dan gula batu. Aduk dan minum saat hangat 1X sehari.

6.    Mengobati batuk

Perasan jeruk nipis dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam. Diminum 1X sehari hingga sembuh.

7.    Mengobati batuk yang disertai infuenza

Perasan jeruk nipis yang matang diseduh dengan sedikit air panas yang ditambahkan ½ sendok kapur sirih dan diminum 2X sehari.

8.    Mengatasi bau badan

Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian dan olesi kapur sirih disetiap bagiannya. Oleskan ke ketiak setiap habis mandi pagi dan sore hari. Biarkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

9.    Mengatasi bau badan dengan cara lain

Ambil 10 helai daun jeruk nipis muda dan dilumatkan lalu dipulung kecil-kecil. Lalu diminum 3X sehari seperti minum pil.

10.    Mengobati batu ginjal

Perasan dua buah jeruk nipis disedu dengan 2 gelas air hangat kemudian diminum setelah makan malam secara teratur selama 10 hari.

11.    Mengobati difteri

Campurkan 2 gelas air hangat dengan 2 buah perasan jeruk nipis. Minum setelah makan secara teratur 3X sehari, dan minum selama 10 hari.

12.    Mengobati demam

Campurkan 3 biji bawang merah dengan perasan air jeruk nipis dan 1 sendok minyak kelapa lalu oleskan di kening.

13.    Mengobati flu

Perasan jeruk nipis yang sudah dipanggang sebelumnya dicampur dengan 1 sendok makan madu lalu minum sekaligus.

14.    Mengatasi haid tidak teratur

Perasan jeruk nipis ditambah dengan 1 sendok madu dan diseduh dengan air hangat. Minum 3X sehari.

15.    Perawatan setelah melahirkan

Campurkan perasan 2 buah jeruk nipis dengan 1 sendok makan kapur sirih dan 2 sendok makan minyak kayu putih lalu dibalurkan disekitar perut agar kembali seperti semula.

16.    Mengobati jerawat

Iris jeruk nipis kemudian gosok perlawan pada kulit yang berjerawat.

17.     Mengatasi rambut rontok

Irisan jeruk nipis digosok secara perlahan pada kulit kepala lalu dibungkus dengan handuk atau ciput. Biarkan semalaman dan cuci rambut keesokan harinya.

18.    Mengatasi ketombe

Untuk mengatasi ketombe sama caranya dengan di atas yaitu irisan jeruk nipis ddi gosok perlahan pada kulit kepal kemudian bungkus dengan handuk dan cuci keesokan harinya.

19.     Melebatkan rambut

Campurkan 1 butir telur dengan 3 buah air perasan jeruk nipis lalu gosok pada kulit kepala. Biarkan selama 2 jam kemudian bilas dengan menggunakan shampo.

20.     Menghentikan kebiasaan merokok

Hisaplah perasan jeruk nipis kemudian minum air putih. Lakukan setiap saat ingin merokok.

21.    Mengobati vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dihaluskan kemudian campur dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan oleskan pada pelipis, dahi dan tengkuk 2x sehari.

22.    Mengobati radang tenggorokan

Campurkan 3 buah jeruk nipis dengan madu dan air hangat secukupnya. Aduk hingga rata kemudian berkumurlah dengan campuran tersebut selagi hangat selam 2-3 menit.

23.    Menghilangkan lendir dari tenggorokan

Perasan 2 buah jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit garam lalu langsung diminum.

24.    Mengobati panu

Campurkan tumbukan daun landep dengan perasan jeruk nipis lalu dioleskan ke bagian kulit yang berpanu dan dibalut dengan kain kassa. Ganti balutan 2x sehari hingga sembuh.

25.    Mengobati terkilir

Siram jeruk nipis yang sudah dibelah dengan air panas di wadah yang tertutup lalu jeruk nipisnya diperas dan dicampur dengan minyak kayu putih dan gandspurs. Lalu diurut kebagian yang terkilir.

26.    Mengatasi pegel linu

Caranya sama seperti cara mengobati terkilir.

27.    Mengobati sakit gigi

Campurkan perasan jeruk nipis dengan gilingan akar kecubung hitam dan legetan warak bersama dengan 1 sendok garam. Peras dan saring lalu kumurkan selama beberapa menit.

28.    Melangsingkan badan

Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam 1 cangkir teh hijau. Minum setiap pagi dan sore hari.

29.    Menambah stamina

Campurkan 1 butir kuning telur ayam kampung dengan sedikit jeruk nipis dan sedikit gula merah lalu diminum. Lakukan minimal seminggu sekali.

30.    Mengatasi tekanan darah tinggi

Rebus perasan jeruk nipis bersamaan dengan 30 lembar daunnya dan 20 kuntum bunganya dengan 3 gelas air putih. Rebus hingga tersisa 2 gelas kemudian saring. Minum bersama dengan sedikit madu 3x sehari.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "30 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan Luar Dalam"

Post a Comment