Cara Cepat Mengatasi dan Mencegah Jerawat di Punggung

Jerawat, di manapun jerawat itu berada pasti akan sangat mengganggu dan merusak penampilan. Bagi sebagian orang jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, namun bisa juga tumbuh di bagian tubuh lain seperti di punggung.

Jerawat di punggung terjadi atau tumbuh karena gaya hidup yang tidak sehat, jarang mandi, jarang berolahraga dan masih banyak lagi penyebab lain yang bisa membuat jerawat di punggung tumbuh dan menyebar di punggung.

Cara mengatasinya juga mudah jika kamu rajin dan rutin melakukannya. Selain itu mencegah lebih baik dari pada mengobati, ada baiknya cegah dulu sebelum jerawat kamu makin banyak dan semakin subur. Kamu bisa mencegahnya dengan makan makanan yang sehat dan kurangi makanan berminyak. Mandi minimal 2x sehari dan pakai sabun yang cocok untuk kulit kamu.

Berikut cara cepat mengatasi dan mencegah jerawat di punggung:


1.    Gunakan sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid

Jika jerawat pada punggung kam tergolong ringan dan hanya muncul sesekali, kamu cukup membersihkan badan kamu dengan sabun yang mengandung yang mengandung benzoil peroksida atau asam salicilat. Gunakan setiap hari, namun jangan digosok dengan kencang karena akan memperparah kondisi jerawat.

2.    Bantu dengan obat oles dan antibiotik minum

Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik topikal. Seperti benzoil peroksida, antibiotik topikal diterapkan pada kulit sekali atau dua kali sehari. Antibiotik tersebut bekerja membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

3.    Gunakan obat yang mengandung isotretinoin ( accutane )

Jika jerawat tidak merespon pada antibiotik topikal, isotretinoin juga bisa menjadi pilihan. Namun, isotretinoin memiliki efek samping yang serius dan juga membutuhkan pemantauan untuk menghindari kehamilan. Jika dikonsumsi oleh wanita hamil, obat ini dapat menimbulkan cacat lahir.

4.    Pastika langsung mandi setelah berkeringat

Dr. Murad, pendiri Murad skincare mengatakan bahwa keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat membangkitkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu dia menyarankan agar langsung mandi setelah berolahraga agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori.

5.    Jangan memakai pakaian terlalu ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau bra yang terlalu ketat dapat membuat punggung mudah berjerawat. Menggunakan pakaian yang longgar akan membuat kulit bisa bernafas dan udara dengan mudah masuk sehingga tidak membuat kulit berkeringat. Apapun yang dapat memerangkap panas atau menyebabkan gesekan pada kulit juga dapat memperburuk jerawat.

6.    Jangan memencat jerawat

Sama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat di punggung juga jangan sekali-kali dipencat karena akan menyebabkan peradangan dan bopeng pada kulit. Jika punggungmu berjerawat sentuh dengan obat yang cocok. Kamu bisa menggunakan sabun jerawat yang sangat ampuh mengatasi jerawat di artikel kami yang lain.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Cepat Mengatasi dan Mencegah Jerawat di Punggung"

Post a Comment