Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan dan Kesehatan

Semangka sangat mudah ditemukan mengingat banyak sekali dijual di pasar swalayan maupun pasar tradisional. Semangka biasanya sering digunakan untuk menghilangkan dahaga terutama setelah seharian berpuasa. Rasanya yang manis dan berair membuat semangka banyak digemari oleh semua orang.

Sedikit sekali yang tahu bahwa semangka sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan luar dalam. Dengan mengkonsumsi semangka, khasiat yang kamu dapatkan menjadi berlipat ganda. Mulai dari mampu memperindah kulit dan menjadikannya tetap awet muda hingga dapat menjaga kesehatan jantung.

Apa saja khasiat yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah semangka ? berikut pemaparannya:


1.    Anti penuaan dini

Semangka memiliki kandungan nutrisi seperti lycopene, vitamin A dan C, menangkal radikal bebas dan menjaga kulit tetap ternutrisi. Zat anti oksidan pada semangka mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Semangka juga mampu menghilangkan rasa haus akibat dehidrasi. Mengkonsumsi semangka secara langsung atau dijadikan jus tidak akan mengubah kandungan nutrisinya. Konsumsilah secara teratur atau dijadikan buah pencuci mulut.

2.    Menjaga kelembaban kulit

Kandungan air yang banyak pada semangka tidak hanya mampu menghilangkan dehidrasi akan tetapi juga dapat menjaga kelembaban kulit. Semakin banyak mengkonsumsi semangka maka akan membuat kulit semakin lembab. Tapi ingat, kamu tidak boleh mengkonsumsinya dalam satu waktu karena akan membuat kamu bisa masuk angin.

3.    Mengurangi sebum atau minyak pada wajah

Semangka dipercaya mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit. Mengkonsumsi semangka membuat kulit terlihat lebih segar dan bebas minyak.

4.    Memelihara kesehatan ginjal

Buah semangka mengandung kalium yang membantu membersihkan zat-zat beracun pada ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

5.    Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi. Kandungan kalium pada semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin atau bila diperlukan. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat dan jangan lupa share ke teman atau saudara agar kita semua senantiasa cantik dan sehat.

0 Response to "Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan dan Kesehatan"

Post a Comment