7 Alarm Tubuh yang Menandakan Tubuhmu Sangat kelelahan

Kelelahan terjadi akibat aktivitas sehari-hari yang tiada hentinya sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga. Kelelahan bisa diatasi dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun, adakalanya kelelahan ditandai dengan beberapa sinyal dari tubuh yang menunjukan tubuh kita sedang kelelahan. Berikut beberapa sinyal tubuh yang menandakan bahwa tubuhmu sangat kelelahan:

 

1.    Sulit tidur karena kram kaki

Setiap kita pasti pernah merasakan kram pada kaki. Hal ini biasa terjadi saat kita seharian terus berjalan atau mondar-mandir sehingga membuat otot kaki menjadi tegang dan terasa nyeri.

Jika kamu sulit tidur karena kram pada kakimu, itu menandakan tubuh kamu sedang membutuhkan magnesium dan potasium. Untuk itu kamu perlu menambahkan tomat, jeruk, pisang dan bayam ke dalam makanan sehari-hari.

2.    Kulit kering

Kulit kering terjadi jika kulitmu dehidrasi dan kelelahan sehingga kulit menjadi sangat kering dan beberapa kasus terjadi pecah-pecah. Kulit yang kering menandakan kekurangan vitamin E, oleh karena itu sebaiknya kamu mengkonsumsi lebih banyak sayuran, minyak, kacang-kacangan dan ikan.

3.    Ingin mengunyah makanan dan minuman yang manis

Bila tiba-tiba kamu merasakan keinginan kuat untuk mengkonsumsi sesuatu yang manis-manis, maka bisa jadi kamu sedang kelelahan, stres atau depresi. Tubuhmu mengirimkan sinyal bahwa kamu membutuhkan glukosa. Penuhi kebutuhan glukosa tubuh agar tubuhmu senantiasa sehat.

4.    Keinginan untuk memakan atau mengunyah es

Keinginan untuk memakan atau mengunyah es dapat terjadi jika tubuhmu mengalami anemia dan kekurangan zat besi. Untuk itu kamu segera mengkonsumsi sumber zat besi terbaik seperti daging sapi, telur, atau sayuran berwarna hijau tua.

5.    Gusi berdarah

Pendarahan pada gusi yang tiba-tiba menandakan tubuh kamu sedang kekurangan zat yang dibutuhkan tubuh khususnya untuk kesehatan gusi. Pendarahan gusi menandakan bahwa kamu sedang kekurangan vitamin C . kamu dapat memberi asupan vitamin C dengan makanan seperti bayam, paprika, tomat, kol, jeruk dan brokoli.

6.    Kuku dan rambut menjadi rapuh

Kuku dan rambut yang rapuh adalah sinyal dari tubuh yang memberitahukan bahwa kamu kekurangan vitamin B. Meminum lebih banyak susu dan memakan rumput laut serta jamur nori bisa membantu mengatasinya.

7.    Terdapat cincin di sekitar iris mata

Biasanya timbulnya cicin di sekitar iris mata saat kita berusia 50 tahun ke atas dan itu normal. Namun, jika muncul pada orang yang lebih muda, maka itu menandakan bahwa kadar kolesterol kamu sedang tinggi. Jika ini masalah yang kamu hadapi sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "7 Alarm Tubuh yang Menandakan Tubuhmu Sangat kelelahan"

Post a Comment