Segudang Khasiat dari Akar, Daun, Bunga dan Buah Sirsak untuk Kesehatan

Buah sirsak atau di beberapa tempat dinamakan sebagai buah durian belanda merupakan buah yang memiliki daging putih dan terasa seperti bersoda saat mengkonsumsinya. Buah sirsak rasanya manis dan berair. Daunnya berwarna hijau tua dan agar tebal. Batangnya sama seperti pohon biasa pada umumnya.

Tidak banyak yang tahu bahwa sirsak memiliki sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, dari akar, daun, bunga dan buah sangat berguna dalam mengobati penyakit ringan maupun berat.

Berikut beberapa contoh penyakit yang bisa disembuhkan dengan sirsak:


1.    Darah tinggi

Rebus daun sirsak bersama dengan rambut jagung yang masih muda hingga mendidih. Setelah agak dingin baru di saring kemudian diminum 2X sehari.

2.    Asam urat

Buah sirsak yang sudah matang dijus tanpa gula, kemudian diminum 2X sehari.

3.    Wasir

Peras buah sirsak yang sudah matang hingga airn ya keluar, tampung air perasan tersebut kemudian diminum. Konsumsi 2 gelas per hari untuk mengobati wasir.

4.    Sakit pinggang

Ambil 20 lembar daun sirsak yang sudah tua kemudian rebus dengan 5 gelas air mineral. Rebus hingga tersisa 3 gelas air. Konsumsi air tersebut setiap hari hingga sakit pinggang kamu sembuh.

5.    Bisul

Ambil daun sirsak yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, kemudian berikan sedikit air hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan ke bisul.

6.    Kantung kemih

Ambil buah sirsak yang setengah matang kemudian dibuat kolak, konsumsi setiap hari hingga seminggu.

7.    Keputihan

Ambil 15 lembar daun sirsak + 5 ruas jari kunyit yang sudah di potong-potong + garam + madu secukupnya kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Setelah dingin disaring kemudian diminum 3X sehari.

8.    Mengobati kanker

Ambil 10 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua atau muda kemudian cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saat merebus wadahnya jangan dari aluminium, gunakan stainles steel. Setelah tersisa 1 gelas dinginkan dan saring dan minum sehari 2X pagi dan sore masing-masing 1 gelas.

Cara kedua yaitu dengan buah sirsak dijus tanpa tambahan gula atau dikonsumsi dalam bentuk buah segar. Sehari cukup konsumsi seperempat buah sirsak yang ukuran sedang.

Efek yang ditimbulkan pada tubuh penderita kanker setelah minum air rebusan daun sirsak biasanya tubuh akan terasa hangat atau panas lalu berkeringat. Efek ini tidak terjadi pada semua orang, dan nafsu makan kembali membaik. Khasiatnya tidak langsung bekerja pada penderita kanker, akan tetapi perlu kesabaran dan kedisiplinan dalam mengobatinya.

9.    Mengobati asam urat

Caranya mudah sekali yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirsak yang yang cukup tua tapi warna daunnya masih hijau muda belum menghitam, cuci bersih dan di potong-potong dengan tujuan agar kandungan pada daun benar-benar keluar pada saat perebusan. Rebus dengan menggunakan 2 gelas air dan rebus hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut sehari 2X yaitu pagi dan malam hari.

10.     Mengobati eksim dan rematik

Tumbuk daun sirsak secukupnya sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang dirasa sakit atau ngilu secara teratur 1 hari 2X.

11.     Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Caranya dengan menyiapkan 4/5 lembar daun sirsak kemudian rebus dengan 4 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas kemudian minum 1X sehari.

12.     Mengobati sakit pinggang

Ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air. Minum 1X sehari ¾ gelas.

13.     Menghialngkan kutu

Rebus daun sirsak secukupnya kemudian gunakan seperti shampo. Maka kutu akan minggat.

14.     Mengobati diare pada bayi

Kandungan dalam buah sirsak berkhasiat untuk mengobati diare atau mencret pada bayi. Siapkan buah sirsak yang sudah matang kemudian peras dan ambil airnya. Minumkan pada bayi 2-3 sendok makan.

15.     Mengatasi ambeien

Peras buah sirsak yang sudah matang kemudian ambil airnya sebanyak satu gelas, kemudian minum airnya 2x sehari pagi dan sore.

16.     Anyang-anyangan

Sirsak setengah matanmg dan gula pasir secukupnya di campur dengan 2 gelas air kemudian direbus setelah mendidih di saring dan minum.

17.     Sakit kandung kemih

Buah sirsak yang setengah matang, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dibuat kolak dan dimakan seperti biasa.

18.     Mengobati kista

Caranya dengan 10 lembar daun sirsak lalu cuci bersih di air mengalir. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Minum air rebusan sirsak tadi sebanyak 2X sehari selama 1 minggu.

19.     Mengobati diabetes

Cara membuatnya sama dengan membuat daun sirsak untuk asam urat namun waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada malam hari sebelum tidur.

20.     Mengobati liver

Cara membuatnya dengan menyediakan 10-15 lembar daun sirsak yang masih segar dan berwarna hijau tua dan cuci hingga bersih. Siapkan 3 gelas air bersih, kemudian masak daun sirsak denga ir tersebut hingga tersisa 2 gelas. Minum ramuan tersebut 2x sehari sebagai ramuan herbal.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari sirsak seperti akar pohon sirsak dipercaya dapat menjadi penawar racun. Bunga sirsak dapat dijadikan untuk mengobati gangguan pada hidung yang menyebabkan munculnya lendir. semoga bermanfaat...

0 Response to "Segudang Khasiat dari Akar, Daun, Bunga dan Buah Sirsak untuk Kesehatan"

Post a Comment