Penyebab Tumbuhnya Jerawat

Jerawat memiliki banyak jenisnya seperti jerawat batu, bruntusan , dll. Jerawat berbentuk seperti bisul yang kecil-kecil atau ukuran sedang ( jerawat batu ) yang biasanya tumbuh di area wajah, leher, pundak, badan dan lain sebagainya. Jerawat menyebabkan wajah ( area tumbuhnya ) menjadi gatal, agak panas dan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu. Dan akibat yang ditimbulkan menyebabkan kerusakan pada kulit seperti bopeng, kulit kasar dan tidak rata.

Untuk kamu yang memiliki kulit yang berjerawat pasti setiap harinya berusaha sekuat tenaga untuk membasmi jerawat tersebut. Dan yang menjengkelkan sekali saat kita bisa membasmi satu jerawat, besoknya malah tumbuh lagi yang lain.

penyebab tumbuhnya jerawat

Daripada kamu kelelahan mengobati jerawat kamu, ada baiknya kamu mengetahui apa seh yang menyebabkan kamu bisa berjerawat ? kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan mungkin tidak sehat untuk kulit kamu sehingga membuat kulit cantikmu menjadi berjerawat. Berikut beberapa penyebab tumbuhnya jerawat :

1. Faktor makanan

Cobalah teliti dalam mengkonsumsi makanan . untuk wajah berjerawat seperti kamu, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi atau setidaknya mengurangi makanan seperti gorengan, susu ( susu ataupun produk olahannya dipercaya bisa meningkatkan jumlah hormon insulin dalam darah yang kemudian berpotensi memperparah kondisi jerawat ), gula rafinasi ( gula murni yang biasanya digunakan untuk membuat minuman bersoda da dapat meningkatkan jumlah hormon insulin ), gandum rafinasi, makanan siap saji, coklat, kopi, dan makanan pedas. Hindari makanan tersebut untuk meminimalisir jerawat kamu.

2. Faktor keturunan

Faktor keturunan atau genetik juga mempengaruhi kamu bisa berjerawat. Jika kamu memiliki orang tua yang cenderung berjerawat, kecil kemungkinan kamu tidak berjerawat. Gen dalam tubuhmu diwarisi dari orang tuamu. Bukan berarti jerawat kamu tidak bisa sembuh, meskipun sulit yang penting kamu mau berusaha dan berdoa.

3. Stres

Tanpa kamu sadari stres dapat memicu tumbuhnya jerawat. Saat stres metabolisme tubuh kamu terganggu sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat. Untuk kamu yang jenis kulitnya gampang jerawatan, sebaiknya hindari stres. Jika memiliki masalah dalam hidup jangan dibawa stres tapi bawa refresing agar kamu tidak stres dan jerawat minggat.

4. Produksi minyak berlebih

Jika kulitmu cenderung berminyak, ini merupakan salah satu pemicu tumbuhnya jerawat. Minyak yang berlebih yang bercampur dengan sel kulit mati akan menumpuk sehingga menyebabkan jerawat. Untuk itu kamu perlu scrub muka kamu minimal seminggu sekali agar sel-sel kulit mati di wajah kamu terangkat dan jerawat berkurang.

5. Kosmetik

Menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit akan menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Menggunakan kosmetik yang tebal atau sering menggunakan kosmetik namun  jarang membersihkan muka sehingga menjadi kotoran yang menumpuk menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menyebabkan jerawat. Jika kamu suka memakai kosmetik, sebaiknya kamu juga harus rajin membersihkan wajahmu minimal bersihkan wajahmu sebelum tidur.

6. Bakteri

Bakteri yang disebut dengan P.acne sering berkembangbiak di kelenjar sebaceous yang mengalami masalah penyumbatan. Kemudian meghasilka zat-zat yang menyebabkan terjadiya iritasi di daerah sekitar.kelenjar tersebut dapat terus membengkak dan menimbulkan radang pada kulit.

7. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, alkohol,  kurang menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, jarang mengganti sarung bantal, jarang cuci muka, dan lain sebagainya bisa mejadi penyebab ataupun memperparah kodisi jerawat kamu. Biasakan hidup sehat dengan menkonsumsi makanan yang sehat, olah raga teratur, dan lingkungan yang bersih.

Baca juga: Cara menghilangkan segala jenis jerawat

Setiap penyakit pasti ada obatnya, mungkin kamu hanya belum menemukannya. Pastikan kamu menghindari penyebab tumbuhnya jerawat dan obati jerawat kamu dengan tepat sehingga jerawat di bagian tubuhmu menjadi sembuh dan seluruh tubuhmu menjadi sehat dan cantik kembali

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

0 Response to "Penyebab Tumbuhnya Jerawat"

Post a Comment